LucianaPombo - Tips Seputar Otomotif Dan Elektronik

Tips Seputar Otomotif | Daftar Harga | Harga Sepeda Motor | Spesifikasi Kendaraan | Berita Terbaru

Tips Mudik Dengan Buah Hati Menggunakan Mobil

Tips Mudik Dengan Buah Hati Menggunakan Mobil - Lebaran sudah hampir di depan mata. Beberapa keluarga bahkan sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Jika kalian berangkat dengan anak-anak tentu akan banyak yang perlu dipersiapkan. Berikut tips mudik dengan anak kecil dengan menggunakan mobil pribadi.

Satu hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik adalah mempersiapkan kondisi kendaraan. Cek seluruh kesiapan dan perlengkapan wajib dalam kendaraan seperti segitiga pengaman, dongkrak hingga ban cadangan. Jangan lupa ganti oli mesin agar nyaman di jalan.

Setelah menyiapkan kendaraan, hal lain yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari dengan cara mencicil perlengkapan mudik dengan anak dari sekarang. Memang sedikit merepotkan, namun saat mudik nanti, semua akan jadi serba mudah karena persiapan yang matang. Simak tips mudik dengan anak kecil

Tips Mudik Dengan Buah Hati Menggunakan Mobil
Tips Mudik Dengan Buah Hati Menggunakan Mobil


Tempatkan di kursi belakang

Apapun jenis mobil yang anda gunakan sebaiknya anak-anak duduk di kursi baris kedua demi keselamatan. Jangan pernah membiarkan anak-anak duduk di baris depan saat melakukan mudik dengan jarak jauh. Pasalnya saat mereka bosan, akan dengan cepat mereka menganggu konsentrasi pengemudi. Disamping itu, di beberapa negara seperti Eropa dan Amerika, anak-anak pada umur tertentu wajib menggunakan car seat dan harus berada di baris kedua.

Sediakan ruang untuk gerak anak

Anak-anak membutuhkan ruang gerak yang cukup meskipun dalam perjalanan. Mobil tipe sedan tidak disarankan digunakan untuk mudik jarak jauh. Selain memiliki head room yang rendah, anak-anak juga tidak bisa bebas bergerak. Mobil MPV akan sangat nyaman untuk anak-anak karena memiliki head room yang tinggi dan leg room yang lega terutama di baris kedua.

Light packing

Pastikan semua barang-barang bawaan dikemas dan ditempatkan di bagasi dengan aman dan nyaman sehingga tidak membatasi ruang gerak anak-anak saat berada di kabin mobil. Beberapa sela seperti kolong kursi baris kedua dan baris ketiga bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang. Hindari menumpuk barang di samping kursi bersamaan dengan anak-anak. Selain berresiko melukai anak-anak juga akan membuat mereka tidak nyaman selama perjalanan.

Persiapan saat si kecil mabuk perjalanan

Sediakan plastik tempat sampah dan plastik untuk kantung muntah jika sewaktu-waktu anak-anak mabuk dalam perjalanan. Pastikan kantung plastik ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dijangkau misalnya di samping pintu atau di belakang kursi pengemudi yang memiliki kantong.

Utamakan Membawa Perlengkapan Anak 

Bawa barang-barang penting yang dibutuhkan anak-anak seperti tissue, tissue basah, botol minum mereka, botol air refill, pensil warna atau crayon warna serta kartu permainan agar mereka tidak bosan selama perjalanan mudik.

Perbanyak koleksi buku bacaan dan referensi games-games yang bisa dimainkan saat dalam perjalanan mudik. Misalnya juga mengoleksi lagu-lagu anak-anak agar mereka juga nyaman saat perjalanan. Jangan lupakan mainan favorit anak kalian.

Gunakan kaca film berkualitas atau tirai mumpuni

Untuk melindungi mereka dari sinar matahari, tidak ada salahnya mobil anda dilengkapi dengan tirai khusus mobil. Tirai ini sangat penting agar anak-anak tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Hindari menggunakan kain yang diselipkan di kaca mobil. Selain berbahaya juga terlihat kurang estetis. Akan lebih baik lagi jika mobil sudah dilenkapi dengan kaca film anti UV.

Manfaatkan Fitur Keselamatan Kendaraan

Pastikan jendela belakang terkontrol dari kemudi depan. Kalian bisa mengaktifkan child lock baik untuk jendela maupun pintu belakang agar tidak mudah dibuka dan dimainkan oleh anak-anak. Pastikan semua beroperasi dengan sempurna sebelum berangkat mudik.

Koleksi Musik dan Film Anak-Anak

Jika mobil kalian sudah dilengkapi dengan fasilitas DVD, tentu saja hal ini akan sangat membantu. Ketika anak-anak sudah bosan dengan games, permainan dan nyanyian tidak ada salahnya memutarkan film-film favorit mereka seperti Big Hero 6, Frozen, The Good Dinosaur, Finding Dory, Finding Nemo dan lain-lain.

Batasi Penggunaan Gadget

Jika anda melengkapi mereka dengan tablet, pastikan tablet sudah dalam kondisi fully charged. Namun penggunaan tablet perlu dibatasi. Pasangan kalian bisa memanfaatkan perjalanan yang panjang untuk lebih banyak berinteraksi dengan anak-anak dengan beragam aktivitas seperti bercerita, bertanya, ngobrol dibandingkan sibuk dengan masing-masing gawainya.

Pastikan Kendaraan Sehat
Agar perjalanan nyaman, kondisikan kendaraan dengan prima. Cek kelengkapan peralatan mobil dengan seksama sehingga jangan sampai anak-anak terganggu karena mobil tiba-tiba mogok di perjalanan. Akan sangat melelahkan jika kendaraan mogok dan pasti akan memicu si kecil menjadi rewel karena merasa lelah dan bosan.

Tandai Rest Area yang nyaman

Berhentilah setiap tiga jam hingga lima jam sekali, untuk memberikan mereka kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot-otot yang tegang. Jangan lupa bekali mereka dengan snack dan makanan sehat agar tidak merasa kelaparan di perjalanan. Hindari jajan saat di perjalanan karena selain belum terjamin sehat, anda juga bisa menghemat biaya perjalanan dengan membawa bekal dari rumah.

Alas Tidur Yang Nyaman

Meskipun dalam perjalanan mudik, kalian tetap harus menyediakan alas tidur yang nyaman selama perjalanan. Minimal anak-anak bisa bersender dan tidak sampai terbentur pintu atau jendela kendaraan. Gunakan bantal yang nyaman serta selimut yang tipis agar tidak terlalu memakan banyak tempat. Pastikan kondisi pendingin kendaraan berfungsi agar anak-anak tidak kepanasan.

Siapkan MPASI dan semua kebutuhan pokoknya

Makanan pendamping ASI tetap harus disiapkan selama perjalanan mudik. Botol susu, botol minum, pemanas portable dan wadah anti bocor bisa dipersiapkan agar semua makanan bisa tetap fresh dan mudah untuk diolah di dalam kendaraan.

Popok dan pakaian yang nyaman pun harus dipersiapkan untuk menghadapi perjalana mudik yang panjang. Buat daftar pakaian dan pernglengkapan yang harus dibawa agar tidak ada yang tertinggal.

Lengkapi P3K

Kotak P3K hanya berisi obat-obatan untuk dewasa. Jika mudik bersama anak-anak, pastikan juga membawa obat-obatan untuk anak-anak seperti obat penurun panas, termometer, plester luka, minyak telon hingga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh si kecil agar tetap memiliki imun yang kuat saat kelelahan selama perjalanan mudik.

Tikar dan kasur angin

Perjalan mudik yang paling berkesan adalah saat beristirahat di rest area. Tidak ada salahnya jika membawa kasur angin atau tikar yang nyaman. Saat di rest area, anak-anak bisa tetap bermain sambil diawasi oleh kedua orang tua. Pastikan parkir di tempat yang aman dan tidak terlalu banyak lalu lalang kendaraan.

Jangan Lupa Peralatan Mandi si Kecil

Setelah perjalanan panjang bisanya tubuh lelah dan butuh kesegaran. Saat yang paling tepat untuk mandi adalah sore hari sebelum maghrib. Singgahlah sejenak ke masjid atau rest area pinggir jalan yang menyediakan toilet serta kamar mandi bersih dan banyak. Selain tidak perlu repot antre juga agar lebih nyaman selama membersihkan tubuh dari keringat dan bau.

Sewa Stroller di tempat tujuan

Jika memang bagasi sudah terlampau penuh, jangan paksakan untuk membawa stroller bayi. Segera browsing dari sekarang untuk melakukan sewa stroller di tempat mudik atau kampung halaman. Lebih mudah dan ringkas karena bisa disewa harian sesuai dengan kebutuhan.

Waktu Paling Tepat Untuk Mudik Dengan Anak

Waktu berangkat akan sangat ditentukan oleh kondisi lalu lintas. Pantau kepadatan lalu lintas tiga hari sebelum keberangkatan. Pelajari polanya. Waktu terbaik untuk berangkat mudik biasanya setelah sahur atau sekalian sahur di jalan.

Waktu-waktu tersebut biasanya kondisi lalu lintas belum terlalu ramai. Namun hal tersebut benar-benar amat tergantung dengan volume kendaraan yang ada di jalan. Jadi, kuncinya jika sudah terjebak macet, bersabarlah. Yang penting selamat hingga tujuan. Nikmati perjalanan bersama keluarga dengan banyak bercerita dan saling bertukar pikiran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudik Dengan Buah Hati Menggunakan Mobil