Ciri-Ciri Mobil Yang Telah Dipakai Tabrakan atau Kecelakaan

Tips - Umumnya mobil korban tabrakan mengalami kerusakan yang cukup parah. Meski sudah direstorasi, terkadang masih saja terdapat bagian yang tidak bisa diperbaiki dan kembali seperti sedia kala. Saat ini, di pasaran, banyak oknum penjual mobil bekas nakal yang mengakali kendaraan bekas tabrakan untuk dijual kembali. Hal ini tentu akan merugikan konsumennya.

Tetapi anda ketika membeli mobil bekas juga harus memperhatikan apakah mobil ini pernah mengalami tabrakan atau benturan yang keras karena hal itu penting untuk diketahui. Faktor tersebut sangat mempengaruhi harga jual dari sebuah mobil setengah pakai. Oleh karena itu Mas Sena akan mengajak Bro dan Sista semua untuk mengetahui tips dan cara mengetahui ciri-ciri mobil bekas kecelakaan secara lengkap dan terperinci.

Bagi kawan-kawan yang menginginkan untuk membeli sebuah mobil setengah pakai yang bandrol harganya jauh dibawah harga mobil terbarunya perlu membaca tips dan cara mengetahui ciri-ciri mobil bekas kecelakaan yang akan Mas Sena ulas pada sesi kali ini.

Membeli mobil bekas memang menguntungkan karena kita mendapatkan sebuah mobil yang masib baik kondisinya dan dapat digunakan tetapi dengan harga yang murah. Faktor inilah yang menyebabkan pasar mobil setengah pakai di tanah air menjamur dan laris manis.

Ciri-Ciri Mobil Yang Telah Dipakai Tabrakan

1. Warna cat antar bagian pada mobil kadang-kadang tidak sama (ada yang lebih terang atau lebih gelap) atau berbelang. 

Jadi, hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memastikan apakah mobil tersebut pernah tabrakan atau tidak adalah memeriksa kondisi cat pada bodi mobil tersebut. Perhatikan, apakah warna catnya ada yang tidak sama atau warnanya ada yang belang? Jika memang ada, itu berarti mobil tersebut sudah dicat ulang sebelum dijual. Nah, si pemilik awal melakukan pengecatan ulang pada mobilnya tentu ada alasan, dan bisa jadi alasannya adalah karena cat aslinya rusak akibat benturan pada saat mobil tersebut mengalami tabrakan atau kecelakaan. Tapi jika warna cat terlihat sama dan mulus, jangan senang dulu, sebab masih ada kemungkinan cat tersebut adalah hasil pengecatan ulang. Untuk mengeceknya, coba anda lihat disela-sela bodi apakah ada sisa kompon atau tidak. Jika mobil tersebut dicat ulang, kemungkinan pasti akan ada sisa-sisa kompon disela-sela bodinya.

2. Banyak terdapat bekas pukulan atau hantaman palu pada bagian sisi dalam bodi. 


Untuk sebuah mobil yang pernah mengalami kecelakaan hebat hingga bodinya penyok, meskipun sisi luarnya tampak mulus tapi biasanya bagian sisi dalamnya banyak terdapat bekas hantaman atau pukulan palu. Hal tersebut disebabkan oleh perbaikan bodi yang biasanya dilakukan di bengkel ketok magic.

3. Adanya rembesan atau kebocoran pada karet kaca yang ada pada bodi mobil. 


Untuk itu, periksa bagian karet kaca yang menempel pada bodi mobil yang akan anda beli, apakah ada yang bocor atau tidak. Untuk sebuah mobil yang pernah mengalami tabrakan (hingga kacanya pecah), biasanya akan terdapat rembesan air atau kebocoran jika disemprotkan air pada bagian ini. Hal tersebut dikarenakan oleh proses perbaikannya yang kurang baik atau bahan yang digunakan adalah bahan berkualitas rendah yang harganya murah.

4. Setir menarik ke satu sisi.

Jika dikendarai pada jalan yang rata dan mulus, kondisi setir pada mobil yang pernah mengalami sebuah tabrakan hebat biasanya akan menarik ke satu sisi yakni ke sisi kanan atau kiri. Hal tersebut disebabkan oleh benturan keras yang pernah dialami oleh mobil tersebut sehingga jarak pijak roda depan dan belakang menjadi berubah.

Demikian lah ulasan mengenai Ciri-Ciri Mobil Yang Telah Dipakai Tabrakan, semoga menjadi manfaat dan terima kasih.

Baca juga tulisan menarik lainnya