Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Penyebab Motor Injeksi Mendadak Mogok

Lucianapombo -  Motor injeksi Anda tiba-tiba mogok mungkin akan membuat kesal karena kita harus mendorongnya sampai bengkel terdekat. Ada beberapa hal yang menyebabkan motor injeksi kita mogok mendadak dan bagaimana cara memperbaiki motor injeksi mendadak mogok

Motor injeksi mogok memang sulit dianalisa penyebab kemogokannya terlebih untuk memperbaiki karena memang teknologi baru. Injeksi adalah sebuah metode percampuran udara dengan bahan bakar dalam kendaraan bermotor agar menghasilkan pembakaran yang sempurna. Bila Anda mempunyai motor injeksi yang tiba-tiba mogok, bisa Anda cari beberapa penyebab motor injeksi mogok sebelum mengulik terlalu jauh karena kebanyakan hanya masalah sepele sehingga motor injeksi tiba-tiba mogok.

Adapun penyebab motor injeksi tiba-tiba mati baik matik maupun manual lalu bagaimana cara memperbaikinya untuk lebih lanjut berikut Penyebab Motor Injeksi Mendadak Mogok dan Cara Mengatasi.


Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

1. Bensin Habis
Hal penting pada semua kendaraan adalah bahan bakar mungkin saja penyebab utama dari motor injeksi tiba-tiba mogok adalah kehabisan bensin. Untuk itu perlu pengisian bahan bakar.

2. Motor Injeksi Mati Mendadak akibat Aki Lemah
Salah satu ketergantungan dari sistem injeksi adalah baterai atau aki pada motor. Jadi jika aki bermasalah maka kinerja injeksi pun akan bermasalah. Periksa tegangan aki untuk memastikan bahwa voltage yang dihasilkan aki stabil dan tidak lemah. Jika aki sudah lemah ada baiknya segera ganti atau lakukan pengisian daya kembali pada aki.

3. Pompa Bensin Bermasalah
Hal yang paling sering terjadi baik motor karburator ataupun injeksi biasanya pada fuel pump (pompa bensin) yang tidak bekerja dengan baik. Untuk memastikan kinerja fuel pump, nyalakan kontak mesin dan dengarkan suara pada bagian bawah tangki, jika terdengar suara lirih dinamo bekerja berarti masih aktif, namun jika tidak terdengar suara apapun maka pompa bensin tidak bekerja,

4. Filter Injektor Tersumbat
Pada bagian fuel injection terdapat filter penyaring udara. Jika filter kotor dan mengalami penyumbatan maka udara yang masuk tidak stabil atau berkurang sehingga menyebabkan motor mudah mogok atau mati mendadak. Untuk itu lakukan pengecekan pada filter, jika kotor bersihkan atau ganti dengan yang baru agar tidak mengganggu masuknya udara ke injeksi.

5. Injektor Kotor

Jika filter injektor bisa kotor, maka selang injektornya pun dapat kotor. Besihkan dengan cara menyemprotkan injektor cleaner dan guyang-goyang agar kotoran bisa keluar. Setelah dirasa bersih, kemudian pasang kembali seperti semula.

Demikian Penyebab Motor Injeksi Mendadak Mogok beserta cara memperbikinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Motor Injeksi Mendadak Mogok