Pengertian Lampu HID Dan Cara Penggunaannya

 Tips Otomotif - Lampu HID (High Definsity Discharge) adalah lampu yang dapat menghasilkan intensitas cahaya yang lebih tahan lama, dan lebih terang dan yang tidak ketinggalan adalah kualitasnya yang menghasilkan cahaya terang. Hal ini dikarenakan Lampu HID menggunakan teknologi Xenon yang mampu menghasilkan berpuluh kali lipat intensitas cahaya dibandingkan lampu lain dengan penggunaan daya yang relatif rendah.

Karena menggunakan Xenon. Penggunaan daya yang rendah pada lampu in juga memperpanjang usia lampu HID hingga lebih dari 3300 jam penggunaan.

Keuntungan Dan Kerugian Lampu HID


Berikut ini beberapa keuntungan Lampu HID
  • Intensitas cahaya lebih terang
  • Jarak pandang jadi lebih jauh dibandingkan lampu biasa
  • Penggunaannya daya yang relatif rendah
  • Usia lampu termasuk lama dan panjang kurang lebih 3300 jam (Hemat)
  • Tersedia dalam kendaraan berbagai merk dan tipe lampu
  • Kendaraan anda jadi lebih keren menggunakan lampu ini

Sedangkan , Beberapa kerugiannya antara lain sebagai berikut:

  • Harganya masih termasuk tinggi, Bisa mencapai jutaan per lampu HID
  • Nyala lampu HID yang terlampau terang dapat menyilaukan dan membahayakan pengendara lain





Penggunaan Lampu HID
Bagi para pecinta otomotif baik itu mobil maupun motor, Lampu HID mungkn sudah tidak asing lagi. Lampu ini sekarang menjadi salah satu tren di dunia otomotif. Para penggiat otomotif yang menyukai lampu ini karena jarak pandang dari kendaraannya jadi lebih jauh di intensitas cahaya lebih terang dibandingkan ampu halogen biasa. Apalagi ika digunakan pada saat malam hari atau jalan yang diselimuti kabut, sangat membantu sekali untuk melihat jalanan yang ada di depannya. Dibandingkan dengan lampu pada umumnya. Masalah jarak pandang yang terbatas bukan menadi masalah lagi bagi Lampu HID.

Umur lampu HID ini yang bisa mencapai 3300 jam penggunaannya tentunya butuh ekstra perhatian. Untuk memperpanjang usia lampu HID ini, anda sebaiknya tidak memainkan lampu ini dengan menghidupkannya dan mematikannya berulang-ulang. Ini dikarenakan lampu HID membutuhkan waktu sekitar 50 - 60 detik untuk pemanasan sebelum beroperasi secara normal. Kalau tetap dipaksakan menyala dalam kurun waktu kurang dari pemanasan tersebut, maka lampu HID bisa menjadi cepat rusak.

Tips Membeli Lampu HID


Lampu HID adalah lampu yang hargannya relatif mahal, beda dengan lampu lain yang dijual di pasaran. Dengan harga per lampu yang mencapai jutaan rupiah, tentunya anda harus ekstra berhati-hati ketika membeli lampu HID ini. Kisaran harga lampu ini ada di angka 1 - 3 juta rupiah. Ada harga ada ada kualitas demikian juga berlaku terhadap lampu HID. Pastikan jeli dan teliti sebelum membeli lampu ini. Berikut tips yang dapat dilakukan saat membeli lampu HID biar tidak salah pilih.

1). Menentukan Tipe
Banyak model lampu HID yang tersedia seperti H1, H3, H4, H7, H8, H11, HB3, HB4, dan sebagainya. Perbedaan antara model lampu terletak pada kedudukan bohlam lampunya. Model yang populer di indonesia adalah model H4 dimana antara lampu jauh dan lampu dekat bentuknya menyatu.




2). Menentukan Derajat Kelvin
Semakin besar derajat kelvin dari Lampu HID maka semakin terang dan semakin silau. Ini bisa membahayakan keselamatan pengendara lain. Anda sebaiknya memilih lampu HID dengan derajat kelvin yang masih dalam batas toleransi. Biasannya penjual lampu HID dapat memberi penjelasan saran kepada anda berapa besaran derajat kelvin yang masih bisa di tolerir.

3). Garansi
Berhubung lampu ini lampu yang relatif mahal, pastikan anda membeli di toko yang dapat memberi garansi. Jikalau nantinya ada kerusakan, anda masih bisa gratis servisnya.

Demikian Pengertian kelebihan dan kekurangan lampu HID yang menjadi fenomenal ini, semoga bisa menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan.
Advertisement

Artikel Pilihan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Lampu HID Dan Cara Penggunaannya

Contact Form

Name

Email *

Message *