Perbedaan Antara All New Yaris tipe E, G dan TRD S

Mobil merupakan kebutuhan masyarakat modern masa kini. Pola hidup yang seringkali menuntut manusia bergerak secara cepat merupakan faktor utama akan kebutuhan terhadap mobil. Namun, bukan hanya sekedar kecepatan yang menjadi faktor manusia butuh terhadap transportasi mobil. Adapun salah satu model mobil terbaru adalah Toyota Yaris. Toyota Yaris merupakan generasi terbaru yang berasal dari varian mobil hatchback dari Toyota.

Pada awalnya, Toyota Yaris telah memulai memasarkan aneka produknya sejak tahun 1999 di Eropa. Generasi awal Toyota dulunya bernama Toyota Vitz. Adapun model Hatchback yang dikeluarkan oleh Toyota Motor Corporation dipasarkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006. Pada saat itu generasi awal yang dikeluarkan adalah tipe E dan S yang mengandalkan transmisi otomatis. Adapun toyota Yaris saat ini merupakan generasi ketiga.

Mobil Toyota Yaris generasi ketiga ini pun memiliki tiga varian. Yang mana ketiga model tersebut memiliki keunggulan dan kelebihan yang berbeda-beda. Ketiga varian terbaru itu adalah Toyota Yaris tipe E, G dan TRD Sportivo. Tipe E adalah tipe terendah dari Toyota Yaris ini, karena kelas paling rendah tentu memiliki perbedaan dengan kelas atasnya. Kekurangan dari tipe E ini adalah tidak adanya Wifi, projektor headlamps, dan lampu kabut. Adapun untuk kelas atas yaitu TRD Sportivo tentu lebih unggul dibanding yang lain. Tipe ini dilengkapi dengan Spoiler bergaya sporty dengan mengusung konsep Full Aero Kit. Karena kelengkapan fasilitasnya berbeda tentu harga antar tipe pun berbeda.

Kini, setiap pengendara Yaris terbaru akan mendapatkan driving position yang lebih sporty dan rendah dibanding Yaris terdahulu. Urusan pengaturan posisi mengemudi, sebenarnya tidak ada yang bisa terlalu dibanggakan. Sliding dan reclining berikut pengatur ketinggian tentunya sudah wajib, tapi Yaris hanya dilengkapi tilt steering, belum telescopic seperti Honda Jazz. Belum lagi soal hilangnya seatbelt height adjuster di mobil ini, padahal fitur ini masih disediakan oleh Toyota Yaris generasi sebelumnya.

Perbedaan yang paling mendasar dari ketiga tipe All New Toyota Yaris tersebut terletak pada kelengkapan fitur-fitur canggih pendukung kenyamanan yang dimiliki oleh masing-masing tipe tersebut. Dan selebihnya, perbedaan ada pada aksesoris-aksesoris pendukung tambahan, baik aksesoris di bagian eksterior ataupun interior. Di bagian interior, All New Yaris menghadirkan ergonomi dan fungsional dengan interior yang lapang. Toyota Yaris E menawarkan fitur audio video touchscreen untuk memutar DVD/MP3/WMA dengan tambahan Aux in, USB dan bluetooth.

Toyota Yaris G dan TRD memberikan  sistem infotainment serupa dengan varian E, namun diimbuhi oleh koneksi internet Wifi. Aplikasi Toyota Move yang dapat memberikan informasi seputar dealer, service rutin dan Toyota update. Khusus pada varian TDR ada tambahan kenyamanan berupa navigasi serta air gesture.

Toyota yaris menggendong mesin 1NZ-FE 4-silinder 16-valve DOHC VVT-i berkapasitas 1.497 cc. Dapur pacu tersebut disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Dengan mesin itu mampu memuntahkan tenaga sebesar 86 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 11.0 kg/m pada 4.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Super CVT-i with Shift Lock dan didukung oleh suspensi depan yang menggunakan Mcpherson strut with Stabilizer dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam with Coil Springs.



Sebenarnya perbedaan tersebut cukup banyak, tapi beberapa diantaranya yang paling gampang dikenali adalah sebagai berikut:

Perbedaan Antara All New Yaris tipe E, G dan TRD S



PERBEDAAN

Jarak pijak depan
Jarak pijak belakang
Berat kosong
Ukuran Ban
Velg
Rem depan
Rem belakang
Smart Entry
Smart start stop button
Tombol audio di setir
TIPE E

1470 mm
1460 mm
1030-1045
185 / 60 R15
15" sporty alloy
14" cakram
tromol
tidak ada
tidak ada
tidak ada
TIPE G

1455 mm
1445 mm
1055-1075
195/50 R16
16" sporty alloy
14" cakram
tromol
tidak ada
tidak ada
tidak ada
TIPE TRD S

1455 mm
1445 mm
1075-1095
195/50 R16
16" sporty alloy
15" cakram
14" cakram
ada
ada
ada



Keunggulan Toyota Yaris juga tampak jelas dari interior yang terdapat padanya. Interior dalam tampak lebih elegan. Pada bagian bawa dibuat rata, dan pada kemudi juga telah dilapisi dengan bahan kulit yang dikombinasi dengan warna merah sehingga terkesan begitu mewah. Uniknya lagi, mobil ini dibekali dengan Smart System yaitu fasilitas menghidupkan dan mematikan mobil hanya dengan satu tombol saja. Di samping itu hebatnya lagi mobil ini terdapat fitur sensor parkir yang memudahkan anda ketika mundur.

Adapun tampilan luar (eksterior) ini juga didesain lebih futuristik.Pada bumber depan dan belakang juga terlihat begitu fresh. Di bagian lampu juga ditambahkan New LED Lamp. Sehingga mobil ini terlihat begitu elegant dari luar. Jadi, jika anda penggemar mobil yang elegant maka Toyota Yaris adalah pilihan yang tepat.

Advertisement

Artikel Pilihan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Antara All New Yaris tipe E, G dan TRD S

Contact Form

Name

Email *

Message *