Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Mengatasi Oli Motor Rembes dari Bawah Mesin

Tips Otomotif - Bagaimana Cara Mengatasi Oli Motor Rembes dari Bawah Mesin? dan apa penyebab Oli Rembes di Blok Mesin? Oli, adalah sesuatu yang sangat penting, yakni sebagai pendingin dan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas ganguan. Nah kali ini kita akan membahasi penyebab dan cara mengatasi kenapa bisa terjadi rembesan oli pada mesin bermotor. Dan perlu Anda ketahui lebih dulu beberapa bagian mesin yang kerap mengalami rembesan dari mesin antara lain silinder head dan silinder blok mesin. Oli rembes di bawah mesin mempunyai banyak faktor penyebab yang perlu kalian ketahui lebih dalam untuk mengatasi oli motor rembes. Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Rembes.


Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Rembes/Bocor

Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Silinder Head
Rembesan oli yang sering terjadi di silinder head motor, ada beberapa faktor penyebabnya, diantaranya:
  • O-ring yang tutup Klep mengalami kerusakan.
  • Daya tahan atau umur pakai dari Perpak atau Packing Silinder Head sudah rusak atau memang minta diganti
Dua faktor diatas biasanya merupakan faktor yang paling sering menyebabkan oli rembes di bagian blok mesin. Cara mengatasi oli yang rembes di bagian blok mesin seperti ini yaitu dengan mengganti O-ring dan Perpak atau Sealant Cylinder Head Gasket baru.

2. Oli Rembes di Bgaian Persnelling atau Starter Engkol.
Jika mengalami Oli yang rembes pada As engkol atu As gigi atau persneleng, kemungkinan besar penyebabnya adalah Seal yang terdapat pada As Engkol dan Seal As Gigi yang mengalami kerusakan. Pada As engkol atau starter kaki terdapat seal yang membatasi oli keluar. Jika seal bocor maka oli akan merembes dan menetes.

Untuk mengatasi Seal yang mengalami kerusakan akibat rembesan Oli Mesin keluar pada As Engkol atau pun As Gigi solusinya dengan mengganti Seal as baru.

3. Oli Rembes di Area Bak Mesin atau Tutup Kopling.
Jika Oli rembes di bagian tutup kopling atau bak mesin, biasanya akibat perpak atau gasket pada tutup kopling mengalami kebocoran. Satu-satunya jalan untuk mengatasi agar oli tidak menetes yaitu dengan mengganti perpak baru.

4. Oli rembes atau bocor dari sela-sela mesin motor.
Pada intinya kebocoran yang terjadi akibat seal atau erpak yang sudah tidak berfungsi dengan bagik. Pada sela-sela mesin terdapat perpak. Jika mengalami rembes oli berarti perpak sudah perlu diganti atau rusak.

5. Oli rembes atau bocor pada bagian baut oli motor.
Nah, jika terjadi kebocoran oli di tutup atau baut oli, kemungkinan besar baut sudah rusak atau ulirnya sudah aus sehingga oli dapat menetes melewati sela-sela baut. Atau bisa juga ring pada baut sudah rusak atau menjadikannya kurang rapat. Untuk mengatasinya dengan cara mengganti baut oli baru atau bisa juga diakali dengan memasang seal tape pada baut sebelum dipasang.

Nah demikian lah ulasan mengenai Cara Mengatasi Oli Motor Rembes dari Bawah Mesin. Semoga memberikan manfaat lebih kepada kita semua. Terima kasih
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Oli Motor Rembes dari Bawah Mesin