5 Tips Aman Membeli Motor Tanpa Harus Bertatap Muka Dengan Penjual

lucianapombo - Saat ini, tren membeli motor tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnya semakin berkembang di masyarakat, terutama di masyarakat dengan tingkat kesibukan yang tinggi.
Perkembangan teknologi internet di Indonesia yang begitu pesat menjadikan pecinta motor lebih memilih membeli motor secara online dibanding harus datang langsung ke dealer.

Membeli motor secara online atau tanpa harus bertatap muka memang bisa dijadikan sebagai solusi bagi anda yang sibuk dan tidak sempat untuk datang secara langsung ke dealer atau tempat jual beli motor lainnya.

Namun jika anda tidak cermat dalam memilih website, membeli motor secara online justru bisa merugikan anda sebagai konsumen.

5 Tips Aman Membeli Motor


5 Tips Aman Membeli Motor Via Online


Berikut beberapa yang harus anda ketahui mengenai tips aman membeli motor tanpa anda harus bertatap muka dengan penjual

1. Ketahui Website yang Terpercaya
Hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli motor secara online adalah memastikan apakah website tersebut merupakan website yang aman dan terpercaya. Anda bisa mencari informasi terkait website tersebut ataupun bertanya kepada teman dan keluarga yang sudah pernah membeli melalui website tersebut.

Jangan lupa pula untuk membaca kebijakan-kebijakan mulai dari persyaratan, garansi motor hingga kebijakan tentang pengembalian produk jika barang diterima dalam keadaan cacat. Pastikan tidak ada kebijakan yang merugikan anda sebagai pembeli, Urungkan niat anda untuk membeli motor secara online apabila kebijakan tidak jelas.

2. Kredibilitas dan Reputasi Penjual
Saat berkunjung ke sebuah website jual motor, jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi di website tersebut. Lihatlah kredibilitas penjual dari website tersebut terlebih dahulu. Anda dapat menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli lain yang sebelumnya sudah pernah membeli dari website yang bersangkutan.

Ada beberapa website independen terpercaya yang memberikan ulasan mengenai testimoni atau review dari pelanggan website penjual itu sendiri seperti trusted company.

3. Lihat Harga Secara Terperinci
Harga murah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi kita untuk membeli motor. Tentunya wajar saja bila suatu penjual motor online memberikan harga yang lebih murah dari Penjual motor online lainnya.

Namun saat harga yang diberikan tidak masuk akal  dan tidak jelas rinciannya untuk motor yang dijual, sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membeli motor tersebut karena mungkin saja penjual tersebut ingin melakukan penipuan.

Untuk memastikan harga motor yang ingin anda beli, anda bisa mencari tahu kisaran harga motor tersebut dari harga on the road nya, berapa diskon yang diberikan sampai biaya tambahan diluar penjualan motor sehingga anda tidak akan mudah tertipu dengan penjual yang menjual motor tersebut dengan harga miring sekali.

4. Membaca dengan Cermat Deskripsi Produk
Sebelum memutuskan untuk membeli satu motor, pastikan anda membaca informasi atau deskripsi terkait motor tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai motor tersebut tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Jika ada yang kurang jelas, anda bisa menghubungi atau mengirimkan pesan ke penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang ingin anda beli. Seperti halnya di Honda Cengkareng anda bisa menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan motor kepada penjual bersangkutan melalui fitur hubungi kami.

5. Metode Pembayaran Yang Ditawarkan
Saat melakukan pembelian motor secara online melalui website, perhatikan kedua hal ini terkait dengan metode pembayaran yang ditawarkan: Hindari mentransfer dana ke nomor rekening pribadi. Pilihlah website yang memiliki rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV, yang keamanannya sudah pasti terjamin.

Lihat apakah dia memberikan opsi pembayaran COD. Anda akan lebih terjamin apabila seluruh transaksi pembayarannya bisa dilakukan pada saat serah terima barang.

Semoga beberapa tips aman dari kami bisa membantu anda yang ingin melakukan pembelian motor idaman di internet. Jangan sampai anda kecewa karena harapan ingin mendapatkan motor tanpa harus beratatap muka dengan penjualnya malah yang terjadi adalah sebaliknya, barang tidak kunjung datang uang Anda pun melayang.
Advertisement

Artikel Pilihan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Aman Membeli Motor Tanpa Harus Bertatap Muka Dengan Penjual

Contact Form

Name

Email *

Message *