Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Mudah Mengganti dan Tips Merawat Air Radiator Motor Injeksi Vario

Tips Otomotif  - Radiator motor memang terkadang kurang diperhatikan dan sering terlupakan, hal ini karena dianggap kurang terlalu penting bagi sebagian orang, tapi tahukah anda kalau sampai kering atau berkurang bisa mengakibatkan kendaraan anda cepat panas bahkan yang paling parah bisa sampai overheat (mesin mati karena terlalu panas). Air radiator kering atau berkurang  disebabkan terkena panas mesin motor yang menyala sehingga terjadilah  proses penguapan tersebut.  


Mengganti air Radiator Vario sebenarnya memang tidak perlu pergi ke bengkel. Jika kita tahu caranya, kita bisa menggantinya sendiri di rumah dengan alat yang tidak terlalu banyak. perawatan radiator yang berkala dapat membantu menjaga keawetan mesin, terlebih saat musim pancaroba seperti ini, yang kadang panas kadang hujan. Fungsi dari Radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Berbeda dengan motor-motor lain yang tanpa pendingin atau mengandalkan pendinginan angin dengan model mesin yang menggunakan kisi-kisi, pengguna motor dengan pendingin radiator perlu mengetahui perawatannya termasuk cara mengganti air radiator. Air radiator yang digunakan dalam waktu lama perlu dilakukan penggantian atau dikruas dan diganti yang baru. Lalu bagaimana cara ganti air radiator motor matic?

Berikut ini kami coba memberikan langkah-langkah mengganti Air Radiator Motor Vario supaya tidak salah langkah dan tidak menyebabkan kerusakan fatal.

Cara Mudah Mengganti dan Tips Merawat Air Radiator Motor Injeksi Vario
Tips mengganti dan merawat air radiator

Cara Ganti Air Radiator Motor Vario Injeksi


Sebelumnya, siapkan dulu alat-alat atau kunci yang diperlukan, yaitu :

  • Kunci T 8. - Kunci L 8 / Tang. 
  • Wadah/Bak untuk menampung air radiator bekas yang dikuras (bisa gunakan kaleng, nampan, dll). 
  • Air Radiator atau Coolant (Belilah Coolant sesuai dengan tipe motor anda). 

Berikut Langkah-langkah menguras dan mengganti Air Radiator Coolant Motor Matik . Cara ini bisa diterapkan pada motor matic apapun, mulai dari Vario, BeAt, Scoopy ataupun mio . Baik untuk motor karburator ataupun motor Injeksi :

1. Dinginkan Mesin 

Dalam mengganti air radiator disarankan kondisi mesin dalam keadaan dingin, agar jika saat kondisi panas mesin masih bisa didinginkan secara sempurna dengan radiator. Jika mesin masih dalam keadaan panas setelah digunakan, diamkan dahulu agar mesin dalam keadaan dingin

2. Buka Cover Radiator 

Buka cover plastik radiator motor injeksi menggunakan kunci ukuran 8 tipe “T” karena letak baut 8mm yang agak dalam.

3. Buka Tutup Radiator 

Setelah cover terbuka, akan terlihat tutup radiator. Buka tutup radiator dengan memutar ke arah kiri atau berlawanan arah putar jarum jam.

4.Buka baut tap Penguras 

Air Radiator Buka baut tap radiator yang terletak dibawah radiator, bisa menggunakan kunci bintang, tetapi tidak perlu menggunakan kunci juga bisa karena baut tap radiator Motor Injeksi tersebut bisa dibuka cukup menggunakan tangan.

5.Tampung air radiator

Gunakan wadah atau bak kecil untuk menampung air radiatro yang dikuras tersebut

6.Tutup kembali baut Tap Radiator

Seperti saat membuka baut tap radiator, karena bisa dibuka cukup menggunakan tangan,maka pengencangannya pun cukup menggunakan tangan.

7. Isi air radiator dengan yang baru sampai penuh

Setelah air radiator baru ditambahkan sampai penuh, boleh langsung ditutup raditor tersebut,tidak perlu menunggu mesin dihidupkan. Karena Air radiator yang ditambah tersebut tidak turun meskipun beberapa menit mesin telah dihidupkan.

8. Pasang Cover tutup radiator 

Pasang kembali tutup atau cover dari radiator. Pastikan kekencangannya disesuaikanagat tidak lepas akibat getaran mesin

9.Periksa ketinggian air radiator di tabung cadangan

Buka jok untuk melihat jumlah air radiator yang terdapat di tabung reservoir atau tabung cadangan air radiator. Jika memang kurang, segera tambahkan sampai batas maksimal tetapi tidak boleh melebihi batas.

Tips Merawat Radiator Motor Matic Untuk perawatan radiator, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

Jaga kebersihan Radiator

Bersihkan kisi-kisi dan selang radiator. Gunakan air bertekanan tinggi agar kerak debu bisa terlepas. Jika ada kotoran yang membandel, gunakan pinset atau obeng untuk menggosok bagian kotoran agar mengelupas. Jika kotoran menumpuk pada kisi-kisi tidak dibersihkan akan mengganggu proses pendinginan atau kinerja dari radiator

Cek tutup radiator

Pastikan tutup masih berfungsi dengan baik. Biasanya karet atau seal pada radiatro jika tidak tertutup dengan baik maka pendinginan tidak optimal

Gunakan Coolant(air radiator)

yang disarankan beberapa tipe motor sudah dilengkapi dengan panduan pemakaian coolant, seperti misalnya honda yang disarankan menggunakan coolant asli astra. hal ini dapat membantu radiator tetap awet.

Demikian Cara Mengganti Dan Tips Merawat Air Radiator Pada Motor Injeksi semoga bermanfaat dan terima kasih.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Mengganti dan Tips Merawat Air Radiator Motor Injeksi Vario