Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Tips Ampuh Menjaga Cat Motor Agar Tetap Bersih Kinclong

Tips Otomotif - Bagaimana Cara Menjaga Cat Motor Agar Tetap Kinclong? Pada postingan kali ini semoga menjadi manfaat bagi anda yang sedang mencari tutorial dan tips otomotif mengenai Tips Ampuh Menjaga Cata Motor Tetap Bersih dan Kinclong.

Menurut para pengelola bengkel motor, ada beberapa faktor penyebab pudarnya warna cat motor, antara terkena langsung sinar matahari dan seringnya menggunakan sabun berdeterjen ketika mencuci. Sinar matahari yang langsung mengenai motor akan mempercepat kerusakan warna bodi, sehingg terlihat kusam. Sementar deterjen (sabun colek atau sabun cuci) mengandung bahan kimia yang dapat mempercepat kerusakan cat mator.

Kedua faktor penyebab kerusakan warna cat tersebut perlu dihindari agar penampilan motor kita senantiasa terlihat bersih, licin, dan prima. Berikut beberapa cara (tips) yang perlu kita perhatikan dalam Merawat Warna Cat Motor.

Cara Menjaga Cat Motor Tetap Kinclong


Hindari parkir di bawah terik matahari


Sebaiknya kita memarkir motor di dalam ruangan, atau kalau terpaksa harus parkir di ruang terbuka, kita memilih tempat yang ada atapnya agar sinar matahari tidak langsung mengenai motor. Juga perlu dihindari dari angin. Sebab debu yang bercampur panas terik matahari dapat mempercepat kerusakan lapisan pelindung cat/airbrush motor, sehingga warna menjadi kusam.

Jangan mencuci motor dengan sabun.


Sabun colek mengandung zat kimia yang mempunyai sifat kasar yang dapat menggores cat di permukaan bodi dan merusak cat motor. Gunakan shampo khusus untuk mencuci motor. Shampo khusus motor mudah didapat di super market dengan harga yang relatif terjangkau. Saat mencuci motor gunakan spons lembut atau lap chamois agar terhindar dari ancaman goresan.

Hindari air hujan


Air dengan tingkat keasaman tinggi dapat merusak warna cat motor. Air hujan mengandung tingkat keasaman yang tergolong tinggi, sehingga akan dapat mempercepat proses memudaran warna cat. Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin.

Apabila terlanjut kena air hujan, sebaiknya kita cepat-cepat mencucinya dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

Hindari air garam


Selain air hujan, kita juga perlu menghindari motor dari air laut. Sebab air laut dapat merusak warna cat serta mengakibatkan bagian bodi motor terkena karat.

Jangan terlalu sering menggunakan zat kimia


Selama ini kita sering menggunakan cairan zat kimia untuk mempercantik bodi motor. Hal ini memang cara mudah untuk mendapatkan kualitas penampilan yang lebih prima. Namun, ada baiknya kita jangan terlalu sering menggunakannnya karena secara perlahan bisa merusak warna cat. Cairan untuk mengilapkan warna tersebut akan mengikis lapisan cat bodi motor, sehingga warna akan menjadi kusam dan cat menjadi pudar.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Ampuh Menjaga Cat Motor Agar Tetap Bersih Kinclong