Pentingnya Spooring dan Balancing Untuk Mobil

Beberapa pengguna mobil seringkali tidak melakukan servis berkala. Dampaknya biasanya untuk kaki-kakinya akan mudah menemukan masalah. Seperti keausan ban tidak merata, berdengung, gejala limbung, getaran saat berjalan atau mobil cenderung membelok meski posisi setir sedang lurus. Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, keselarasan dan keseimbangan roda harus diperbaiki karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda. Agar kesetabilan mobil tetap terjaga maka wajib hukumnya untuk melakukan spooring dan balancing secara berkala.

Tujuan spooring adalah untuk menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan ini bisa membuat mobil limbung dan bahkan berat sebelah. Sedangkan balancing adalah untuk membuat roda belakang menjadi parallel dengan roda depan. Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan. Pada proses penyetelan harus diyakinkan bahwa roda belakang bener-benar parallel dengan roda depan karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil di jalankan. Apabila kondisi ini tidak tercapai bisa menyebabkan ban Anda akan cepat aus dan kestabilan mobil tergangu.

Spooring dan balancing juga bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga, efek limbung dapat terhindar dan keamanan berkendaraan pun senantiasa terjamin. Ibarat meluruskan langkah, spooring bertujuan untuk menyelaraskan posisi roda kanan dan kiri. Proses spooring  tidak hanya berkutat di area roda saja, melainkan di sistem suspensi dan kemudi. Meliputi penyetelan ball joint,  as roda, crossmember  dan tie-rod.

Balancing berguna untuk membalans roda agar berputar dengan distribusi bobot merata. Maka itu diperlukan pemberat berupa timah demi menyeimbangkan bobot. Proses ini membutuhkan perhatian lebih dari pemilik kendaraan ataupun mekanik yang mengeksekusinya.

Pastikan sisi dalam pelek bersih dari segala jenis kotoran selain timah pemberat. Kerikil atau apapun yang menempel akan menjadi berlipat beratnya ketika roda berputar. Sehingga tercipta pemberat lain yang tidak dibutuhkan oleh pelek itu sendiri.

Alhasil, ritual balancing  tidak akan mencapai hasil maksimal. Sangat disarankan untuk menutup bekas tempelan timah sebelumnya dengan lakban atau solasi agar sisa lemnya tidak mengikat debu dan kerikil.

Lantas apa saja yang membuat kaki-kaki mobil bermasalah? Banyak penyebabnya, misalnya sering menghajar lubang, muatan berlebih (overload) atau tekanan ban yang tidak ideal. Kondisi itu secara akumulatif akan merusak komponen kaki-kaki mobil.

Sebaiknya spooring dan balancing berkala rutin dilakukan setiap 20.000 km dan bisa lebih cepat jika sering melewati jalan berlubang. Bila hal ini rutin dilakukan, usia pakai ban akan semakin lama, apalagi bila dipadu dengan penggunaan ban serep dalam rotasi berkala.

Seiring perkembangan zaman, alat yang digunakan pun semakin canggih. Modul pemindainya ada yang menggunakan kabel, infrared  atau Bluetooth. Namun itu semua prinsipnya hanya memberikan data yang lebih akurat. Kesempurnaan hasil akhir tetap pada sentuhan teknisi yang mengerjakannya.

Sebelum dilakukan penyetelan, mesti dipastikan juga semua komponen kaki-kaki ini dalam kondisi baik. Karena langkah penyetelan akan percuma jika dudukan atau ulirnya sudah aus.

 Biaya Spooring dan Balancing Untuk Mobil

 Biaya Spooring dan Balancing Untuk Mobil


Untuk proses balancing  per roda, biayanya sekitar Rp 20.000. Itu harga yang ditetapkan bagi pelek berukuran 15 inci-16 inci. Semakin lebar diameter pelek, semakin besar pula biayanya. Maksimal adalah Rp 40 ribu per roda.

Sedangkan untuk spooring, biayanya sekitar Rp 160 ribu, tergantung mobilnya juga. Beberapa mobil seperti merek-merek Eropa yang memiliki konstruksi kaki-kaki yang lebih rumit, membutuhkan biaya tambahan menjadi sekitar Rp 200 ribu.

Waktu pengerjaan untuk menyelesaikan rangkaian proses tersebut hanya satu sampai dua jam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pentingnya Spooring dan Balancing Untuk Mobil

Contact Form

Name

Email *

Message *