Cara Merawat AC Mobil

Cara Merawat AC Mobil - AC atau lebih dikenal dengan Air Conditioner pada mobil merupakan hal yang penting, terlebih pada musim kemarau yang memang cuacanya sangat panas.  Menjaga kondisi ac umumnya dilakukan para pemilik kendaraan guna menjaga performa ac-nya tetap maksimal. Hal itu tentu saja dilakukan pemilik kendaraan untuk mendapatkan kualitas "dingin" yang sempurna pula. Untuk menjaga perawatan ac kendaraan Anda, ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan pemilik kendaraan untuk menjaga ac mobilnya tetap dalam kondisi prima. 

Merawat AC Mobil sebaiknya dilakukan teknisi profesional dan anda cukup menikmatinya. Yang perlu dilakukan adalah mengetahui gejala-gejala malfungsi yang perlu diperhatikan. Diantara sederet komponen yang terpenting pada bagian mobil, AC merupakan salah satu dari komponen tersebut. Di saat cuaca yang lagi panas dan terjebak dalam kemacetan, pendingin ataupun AC mobil merupakan sebuah komponen yang sangat di butuhkan pada saat itu pula. Untuk itu cara penggunaan AC pun perlu diperhatikan agar AC tersebut tidak mudah rusak lantaran kurang perawatan.

 Cara Merawat AC Mobil


 Cara Merawat AC Mobil


Berikut beberapa cara merawat AC pada Mobil :
Pertama jagalah selalu kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena kan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yantidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

Kedua saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

Ketiga memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu cukup lama, karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

Keempat periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila AC dihidupkan. Bila tidak segera diganti mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.

Anda juga tidak disarankan merokok di dalam mobil karena asap rokok bisa mengotori ac Anda. Jika Anda malas membersihkan kabin mobil, jangan heran jika makin lama kualitas udara yang keluar dari grill ac Anda menjadi tidak dingin atau bahkan berbau. Anda juga sebaiknya memperhatikan celah antara jendela dan karet pintu yang tidak tertutup rapat. Jika terdapat celah di antara keduanya, kotoran dan debu dapat leluasa masuk ke dalam kabin mobil. Selain itu, menjaga kondisi ac juga dapat dilakukan dengan cara lebih peka terhadap gejala-gejala yang muncul.

Dengan melakukan pemeriksaan komponen fungsional secara sistematik pada siklus pendinginan akan dapat mendeteksi masalah yang belum disadari oleh pemilik mobil. Di samping itu, untuk mengetahui lebih awal dan memperbaiki dengan benar akan memperpanjang umur komponen serta melindungi pelanggan dari kesulitan yang tiba-tiba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat AC Mobil

Contact Form

Name

Email *

Message *