LucianaPombo - Tips Seputar Otomotif Dan Elektronik

Tips Seputar Otomotif | Daftar Harga | Harga Sepeda Motor | Spesifikasi Kendaraan | Berita Terbaru

Upgrade Honda CBR 150R Tanpa Bore Up, Ini Dia Rahasianya

Upgrade Honda CBR 150R Tanpa Bore Up - Hadir dengan desain yang futuristic, Honda CBR 150R cukup menarik para pecinta otomotif di Tanah Air. Mulai dari body dengan konsep Slim light dan aggresive with sharp edge ditambah lampu yang full LED membuat kesan yang modern dan mewah. Sementara untuk engine, Honda CBR 150R ini memiliki karakter square yakni langkah dan diameter piston memiliki ukuran yang sama. Kabarnya torsinya lebih baik dan di putaran bawah hingga menengah lebih "ngangkat".Mesin berkapasitas 150 cc ini menghasilkan daya maksimum 12,6 kW pada putaran 9000 rpm dan torsi maksimum 13,7 Nm pada putaran 7000 rpm.


Meski sudah dibekali engine yang cukup gahar, tetap saja banyak yang masih melakukan upgrade honda CBR 150R ini. Untuk melakukanya sebenarnya kamu tak perlu melakukan bore up untuk mendongkrak volume silinder. Penggantian beberapa part seperti piston, noken as, throttle body dan knalpot sudah mampu mendongkrak tenaga sebanyak 6 dk. Berikut detal selengkapnya

Cara Upgrade Honda CBR 150R Tanpa Bore Up

1. Noken As BRT Custom
Aliran bahan bakar perlu disesuaikan lagi dengan mengganti klep. Klep bisa memakai klep koizumi dengan diameter 24 mm untuk klep in dan 21 mm untuk klep ex. Sementara itu buka tutup klep bisa menggunakan Noken As BRT K3. Noken As ini memiliki durasi 267 derajat dengan LSA ex 107 derajat dan in 102 derajat.

2. Super Forging Piston BRT
Kapasitas volume silinder tak perlu diubah, tapi pistonnya bisa diganti tipe forging buatan BRT. Diameter piston ini adalah 57, 28 mm sama dengan diameter piston aslinya. Tapi karena tipe forging dan memiliki dome tinggi, kompresinya naik menjadi 12,6:1.

3. Throttle Body 33 mm
Untuk memperbanyak asupan udara, Throttle body bisa memakai punya CBR150 R lawas yakni k45A. Throttle body ini memiliki diameter 31,5 mm. Agar asupan udara lebih banyak lagi, maka perlu di reamer kembali menjadi 33 mm.

4. Knalpot
Terakhir agar aliran sisa pembakaran lancar, knalpot juga perlu disesuaikan. Untuk masalah yang satu ini, bisa mencoba merek ASIA tiper Cornello. Knalpot ini adalah buatan dari Purbalingga.

Itulah beberapa cara upgrade honda CBR 150R tanpa bore up. Dengan ubahan diatas, setelah dilakkan pengujian dengan mesin dyno, Power meningkat enjadi 21,45 dk pada putaran 10200 rpm dan torsi maksimumnya menjadi 15,94 Nm pada putaran 9000 rpm. Gimana tertarik untuk mengaplikasikan pada kuda besimu?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Upgrade Honda CBR 150R Tanpa Bore Up, Ini Dia Rahasianya