Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Memperbaiki Remot Alarm Mobil Yang Error atau Mati Total

Lucianapombo - Remot mobil Anda mati? Anda tak perlu membeli yang baru jika Anda sudah mengetahui penyebab dan masalah kenapa remot mobil Anda tidak berfungsi atau error.

Dalam beberapa kasus jika seseorang mengetahui bahwa remot mobil yang ia miliki sudah tidak bisa digunakan maka akan segera bergegas membeli yang baru karena remot mobil atau remot alarm pada mobil ialah alat yang sangat berguna untuk menunjang keamanan mobil mereka.

Jika Anda membaca tips-tips berikut mengenai cara mengatasi remot alarm mobil rusak atau error maka anda akan berusaha untuk memperbaikinya sendiri tanpa repot beli yang baru dan membawanya kebengkel mobil.

Karena bisa saja masalah pada remot alarm mobil hanya masalah sepeleh. Berikut cara mengatasi remot mobil tidak berfungsi.


Mengatasi Masalah Pada Alarm Mobil

1. Cek Baterai Remote Alarm Mobil

Walaupun terdengar sepele, justru ini yang sering dilupakan oleh para pemilik mobil, terlebih bagi yang baru memiliki mobil. Ketika alarm remote ditekan ternyata tidak bsia menyala dan langsung panik sehingga sampai di bawa ke bengkel dan kemudian diganti alarm baru, padahal hanya baterai yang habis saja.

Pada remot mobil terdapat dua buah baterai kecil yang berfungsi sebagai daya dari kerja komponen dalam remot, sehingga ketika daya baterai habis maka perintah dari remot tidak akan sampai pada alarm di dalam mobil. Untuk mengatasinya ganti dengan baterai baru.

Untuk membukanya hanya dengan membuka dua baut dengan obeng (+) yang terdapat di belakang remot dan ganti dengan yang ukurannya sesuai. Tanda baterai harus diganti adalah ketika tombol pada remot ditekan, lampu led kecil pada remot tidak menyala atau menyala redup.

Dalam pemasangan baterai remote, bagi yang belum berpengalaman ada baiknya buka dahulu remote, kemudian ambil baterai dan beli dengan membawa contohnya agar ukuran dan voltage nya sama. Kemudian saat pemasangan jangan sampai terbalik, karena jika terbalik maka remote tidak akan berfungsi atau tidak bekerja karena daya tidak masuk.


 2. Cek Semua Tombol di Remote

Ada beberapa kasus yang terjadi ketika remote alarm mobil tidak bisa nyala. Salah satu kemungkinannya adalah satu tombol tidak berfungsi atau ketika ditekan sudah tidak terhubung lagi. Sehingga ada baiknya anda cek semua tombol. Jika di dalam remote terdapat 4 tombol, cobalah menekan satu persatu.

Bila hasilnya berbeda atau hanya salah satu tombol saja yang tidak mau berfungsi, maka kemungkinan besar tombol remote yang tidak berfungsi tadi terjadi kerusakan atau kabel putus didalamnya.

Buka remote dan lihat jalur kabelnya, jika ada yang kendor atau lepas, perbaiki kemudian cobalah untuk menekannya. Kasus lain adalah element penghubung pada tombol sudah rusak atau tidak mau kembali jadi ketika ditekan tidak ada arus yang terhubung, jadi seperti tombol tidak ditekan padahal kita sudah menekannya.

Jika masih bsia diperbaiki dengan membenarkan bentuknya berarti tidak perlu diganti, tetapi jika sudah aus atau rusak komponen di dalam tombol, maka harus ganti tombol. Ada beberapa merk dan model alarm mobil yang bsia ganti tombol saja tanpa perlu ganti modul, namun kebanyakan saat ini adalah satu modul komplit satu set alarm mobil + remote controlnya.


3. Cek Jalur Alarm

Jika dari remote sudah tidak bermasalah, kemungkinan besar terjadi masalah pada jalur di alarm sehingga ketika remot ditekan, alarm tidak mau berfungsi. Beberapa cirinya adalah, kedua lampu sein nyala tapi alarm tidak berbunyi, atau sebaliknya. Atau alarm menyala, lampu menyala, tapi pintu mobil tidak terkunci.

Nah dari beberapa kasus ini jika dibawa ke bengkel biasanya disarankan untuk melakukan pengganti satu unit modul alarm. Bagi anda yang ingin mencoba membukanya, jika dari salah satu reaksi masih ada ketika tombol ditekan berarti kemungkinan besar masih bsia diperbaiki. Anda bisa membongkarnya sendiri dan melihat pada electrical di bawah kemudi yang merupakan alarm. Buka dan lihat, kemungkinan ada yang putus.

Jika ternyata dibuka masih baik didalamnya, kemungkina lain adalah adanya kabel yang putus di jalurnya seperti misalnya digigit tikus atau semacamnya sehingga ketika tombol remot alarm ditekan hanya beberapa reaksi saja yang bekerja.

source: www.dobeldobel.us

Nah coba Anda cek 3 komponen diatas agar segera tau apa sumber kerusakan atau ketidak nyalanya remot alarm mobil. Jika Anda mempunyai keluhan atau Anda ingin menambahi sedikit mengenai artikel ini kalian bisa menghubungi kami..

Demikian Cara Memperbaiki Remot Alarm Mobil Yang Error semoga bermanfaat dan terima kasih.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Remot Alarm Mobil Yang Error atau Mati Total