Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Langkah Mengganti Ban Mobil yang Benar

Lucianapombo - Mengganti ban adalah kegiatan yang memang sangat mudah terlebih lagi bagi orang yang merasa alatnya sudah lengkap tapi taukah Anda bagaimana Prosedur Cara Mengganti Ban Mobil Yang Benar? Untuk tips kali ini adalah tips yang sangat bermanfaat bagi Anda agar bisa mengganti ban sendiri. Tentu harus bisa sendiri apalagi dalam keadaan darurat.

Cara mengganti ban mobil  perlu diketahui tidak hanya untuk para mekanik bengkel tetapi juga penting bagi pemilik mobil agar lebih peka terhadap barang yang ia miliki saat ini. Cara melepas dan memasang ban yang benar ini memang wajib bagi Anda ketahui karena biasanya mau tidak mau kita sebagi pemilik mobil akan mengalami ban kempes atau bocor ditengah jalan.

Dan kalian juga harus selalu membawa ban cadangan atau alat-alat yang mungkin berguna untuk menganti ban serep mobil untuk bentuk kepedulian Anda terhadap mobil Anda. Berikut langkah kerja yang benar untuk menganti ban.


Cara Mengganti Ban Mobil Yang Benar

Inilah cara mengganti ban serep mobil yang baik dan benar dan tentunya sesuai dengan standart operasional penggantian ban agar mendapatkan hasil yang nyaman dan aman.

  1. Hal yang pertama perlu ada cek adalah ketersiapan alat, seperti dongkrak, kunci T untuk membuka baut, dan tentu kesiapan ban serep. Pastikan ban serep masih normal, tidak kempes. 
  2. Untuk memulai penggantian, Angkat bagian mobil yang ingin diganti bannya dengan dongrak sehingga posisi ban yang akan dicopot sudah naik di atas tanah. Posisikan dongkrak pada lokasi yang tidak lembek.
  3. Kendurkan baut yang berjumlah 4(biasanya) atau jika mobil besar bisa berjumlah 6.
  4. Copot baut sampai velg bisa terlepas, dan tarik untuk mengeluarkan ban.
  5. Siapkan ban pengganti. Cek kondisi tekanan ban pastikan tidak kempes.
  6. Pasang ban pengganti dan kencangkan bautnya. Cara mengencangkan baut harus pada posisi bersilang. Jilka baut pertama yang dikencangkan adalah nomor satu maka berikutnya nomor tiga. Seterusnya baut nomor dua dan berikutnya empat.
  7. Kencangkan baut secukupnya dahulu. Setelah itu, guncang-guncang pelek untuk mengetahui apakah tingkat kekecangan baut sudah sama. 
  8. Setelah dirasa sudah sama, kencangkan semua baut dengan tingkat kekencangan baut yang sama.
  9. Kemudian turunkan ban dengan mengendurkan dongkrak. Dan kemudian kencangkan baut hingga benar-benar deadlock.
  10. Setelah itu lakukan tes jalan maju mundur untuk memastikan pemasangan ban telah sempurna.
  11. Ban yang tercopot jangan lupa untuk membawanya ke tambal ban agar siap dipakai lagi ketika nanti mengalami kempes ban lagi.

Demikian Langkah Mengganti Ban Mobil yang Benar, dan perlu Anda pemilik mobil perhatikan hal yang dilupakan pemilik mobil adalah, sering mengencangkan baut tanpa mengguncang sehingga jika salah satu baut tidak sama kekecangannya, akan berisiko tidak nyaman dan aman dalam berkendara. Laju mobil akan terasa goyang. Dan yang paling parah, ban bsia lepas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah Mengganti Ban Mobil yang Benar