Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Mudah Membersihkan Karburator Sepeda Motor Sendiri

Tips Otomotif | Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri - Karburator adalah salah satu komponen dari mesin motor yang memiliki peran penting, yaitu menyatukan udara dan bahan bakar untuk kemudian disalurkan ke ruang pembakaran. Namun jika tidak sering dibersihkan, karburator dapat menjadi kotor dan mengganggu kinerja mesin misalnya mesin dapat menjadi tersendat-sendat. Untuk membersihkan karburator, Anda sebenarnya tidak perlu harus datang ke bengkel motor.

Membersihkan karburator dapat dilakukan sendiri di rumah asalan Anda mengetahui langkah-langkah dan pedoman yang tepat tentang cara membersihkan karburator motor yang kotor dengan benar. Sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara membersihkan karburator motor yang kotor dengan mudah dan benar?

Yuk pantengin terus artikel cara membersihkan karburator ini! Sebelum masuk lebih jauh mengenai cara membersihkan karburator, kami akan sedikit menjelaskan kenapa karburator dapat menjadi kotor. Karburator yang kotor umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya kemasukan air atau kotoran sehingga aliran udara dan bahan bakar di dalam karburator menjadi tersumbat. Selain itu, bahan bakar dengan kualitas dibawah standar juga dapat membuat bagian dalam karburator menjadi cepat kotor. Ketika karburator tersumbat maka mesin bekerja dengan tidak optimal. Setelah mengetahui alasan kenapa karburator harus selalu dalam kondisi bersih, sekarang tiba waktunya untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan karburator motor yang kotor.


Cara Mudah Membersihkan Karburator Sendiri Dengan Benar


#1. Kita anggap anda sudah bisa membongkar karburator atau melepasnya. Langkah Pertama, bersihkan filter udara atau penampung debu dengan melepas filter udara di atas karburator. Setelah itu lepas busa filter dan bersihkan dengan cairan pembersih. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa pada filter.

#2. Setelah itu lepas baut pengikat, tutup karburator, katup cuk (choke) dan keran bensin. Pergunakan kunci yang pas agar baut tetap awet. Lepas semua komponen-komponen pada karburator dengan hati-hati lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih. Cairan pembersih yang digunakan biasanya menggunakan bensin atau pertamax.

#3. Lepas juga mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Perlakukan beberapa part yang kecil-kecil ini dengan hati-hati. Tempatkan di tempat yang berbeda dengan komponen lainnya agar lebih mudah dalam emmasangnya nanti.

#4. Bila komponnen pada karburator sudah terlepas semua, giliran membersihkan rumah karburatornya dengan kuas dan semprot bagian lubang-lubang dengan kompresor. jika diperlukan, gunakan juga amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer untuk kerak yang membandel. Tetapi hati-hati agar diameter spuyer tidak terkikis banyak.

#5. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

#6. Sebelum memasang semua komponen, atur dahulu tinggi pelampung dengan menggunakan jangka sorong (vernier calyper) atau stighmat agar tidak terjadi kesalahan.

#7. Pasang semua komponen yang dilepas tadi, rakit kembali hingga sempurna.

#8. Setelah itu, setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Stel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.

#9. Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena akan membuat oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.

Demikian ulasan mengenai cara membersihkan karburator dengan tips yang benar semoga menjadi manfaat dan terima kasih.

Hasil Penelusuran Kata Kunci

cara servis karburator motor matic,
komponen karburator motor,
membersihkan karburator motor tanpa membongkar,
service karburator mobil,
service karburator motor
cara membersihkan karburator motor supra
membersihkan karburator motor tanpa membongkar
cara membersihkan karburator motor dengan cairan pembersih
cara membersihkan karburator honda beat
cara membersihkan karburator mobil
cara membersihkan karburator motor matic
cara membersihkan karburator motor honda revo
cara membersihkan karburator dengan carburator cleaner
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Membersihkan Karburator Sepeda Motor Sendiri