Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes

Tips Mobil - Oli pada mesin mobil mengalami rembesan dan menjadi salah satu alasan mobil masuk kebengkel. Di setiap kejadian itu pasti mempunyai penyebab dan cara mengatasinya oleh karena itu perlu Anda ketahui mengenai Penyebab dan Cara mengatasi oli rembes pada mesin mobil maupun dari filter oli.

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Pada Mesin Mobil Rembes



Packing Carter (Paking Bak Oli) Bocor


Ini adalah yang paling umum terutama untuk kendaraan yang masih menggunakan gasket karet, mobil yang usianya sudah cukup lama karet di bagian carter atau bak oli ini akan mengeras, ketika mengeras maka akan mudah rusak dan oli bisa dengan mudah keluar dari sini, solusinya adalah dengan mengganti gasket yang baru. Saat ini sudah banyak mobil yang tidak menggunakan karet lagi tetapi menggunakan sealer yang lebih kuat tetapi memang lebih mahal (tergantung kualitas). Hal paling mudah mendeteksi kerusakan ini adalah dengan melihat bagian bak oli langsung apakah di sekelilingnya banyak menempel oli, jika benar maka harus segera di ganti.

Baut Tap Oli Rusak


Kecil dan sering di sepelekan, kasusnya sederhana ketika mengganti oli kadang mengencangkan baut ini terlalu kuat sehingga secara tidak sengaja merusak alur drat di dalamnya, dan ketika di kendorkan saat ganti oli lagi, sebagian ulir terkelupas dan ikut keluar, saat di kencangkan lagi kemampuan ulir sudah berkurang karena sebagian ada yang rusak, dari sini oli bisa menetes juga. Solusi jika ada kerusakan di sini adalah dengan cara di snai ulang di ganti dengan baut yang baru, dan jangan lupa setiap pergantian oli gunakan gasket baut tap oli yang baru.

Seal Filter Oli Rusak


Pada bagian filter oli terdapat karet bulat yang tujuannya sebagai gasket, saat pemasangan kenapa tidak boleh di kencangkan terlalu keras karena di khawatirkan karet ini akan rusak dan ketika rusak maka akan ada oli yang keluar, untuk itu saat pengencangan sebaiknya menggunakan tangan dan fi tambahkan sedikit saja pakai sst.

Seal Cover Valve (Seal Penutup Katup)


Pada mobil lama sering kali ada kebocoran pada bagian atas yang di sebabkan oleh seal cover valve sudah keras dan ada rembesan oli salah satu contohnya adalah pada mobil kijang kotak yang lama, cara pergantiannya cukup mudah dan juga cukup murah

Gasket Cover Timming Bocor


Ini sering terjadi pada mobil yang sudah lama juga seperti Innova atau Avanza, untuk mengganti gasket ini butuh waktu agak lama paling tidak 1-2 hari selain pembongkaran yang agak rumit juga di butuhkan waktu agar gasket bisa kering dengan sempurna, gasket ini berupa sealer.

Seal Crankshaft Bocor


Seal ini terletak di bagian belakang dan depan pada poros engkol, jika seal ini rusak biasanya akan ada rembesan pada bagian di dekat pulley, kebocoran di area ini tidak bisa di biarkan terlalu lama karena oli bisa merusak peredam karet pada pully dan bisa menyebabkan pulley oleng, sedangkan pada bagian belakang jika ada kebocaran maka akan ada tetesan di antara sambungan mesin dan transmisi, untuk pergantian yang belakang ini harus menurunkan dahulu bak transmisi dan kopling set.

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki oli mobil yang rembes semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes