Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Ini Penyebab Bohlam Mobil Sering Putus Dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Bohlam Mobil Sering Putus - Ini Penyebab Bohlam Mobil Sering Putus Dan Solusi Mengatasinya. Lampu mobil sering mati ditengah jalan tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika matinya pas malam hari. Lampu mobil yang mati tersebut disebabkan karena filamen yang putus. Nah penyebabnya bermacam-macam mulai dari panas, getaran ataupun arus listrik yang terlalu tinggi. Hal ini juga tak lepas dari kualitas bohlamp yang digunakan. Bohlamp dengan harga murah biasanya tak kuat menahan panas sehinga mudah putus. Bahkan ada yang dinyalakan 3 jam misalnya udah putus.

Penyebab Bohlam Sering Putus



Umur bohlamp berbeda-beda dan ditentukan oleh pabrikan. Misal sebuah bohlam dengan 4000 jam pemakaian, rata-rata 4 jam nyala setiap hari maka umur bohlamp tersebut bisa 3 tahun. Akan tetapi itu bicara kondisi ideal. Dalam praktiknya banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi umur bohlamp. Faktor cuaca bisa juga berpengaruh terhadap umur bohlamp. Selain itu getaran akibat jalan jelek misalnya, juga sedikit memberikan pengaruh. Jika itu yang terjadi, maka anda cukup membawa bohlamp cadangan saja. Jadi jika sewaktu-waktu mati tinggal diganti saja. Namun yang kerap terjadi, Penyebab Bohlamp mobil sering putus adalah tegangan listrik yang terlampau tinggi. Akibatnya filamen didalam bohlamp putus karena tegangan yang tidak sesuai.

Untuk itu jika anda memiliki multimeter bisa dicek tegangan lampu anda apakah sesuai atau tidak. Jika telampau besar atau kecil silahkan cek komponen lain seperti baterai/accu, regulator dan juga rangkainya. amun hal ini umumnya terjadi pada mobil-mobil tua yang masih menggunakan sistem konvensional. Sementara untuk mobil dengan sistem EFI jarang terjadi. Kemungkinan penyebab lampu mobil sering mati lainya adalah socket lampu yang kendor atau kotor. Socket yang kendor bisa menyebabkan panas berlebih sehingga lampu akan cepat putus. Untuk itu silahkan cek kondisi socket lampu anda, jika kendor bisa diperbaiki atau menggantinya dengan yang baru. Mungkin itu yang bisa saya share, kalau ada yang mau menamahkan silahkan bisa melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Penyebab Bohlam Mobil Sering Putus Dan Solusi Mengatasinya