Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Tips Bagi Pemilik Avanza Xenia Lawas

Tips Bagi Pemilik Avanza Xenia Lawas - Mensiasati mobil kesayangan agar nyaman tak sesulit yang dikira dan bisa dilakukan sendiri. Tips Bagi Pemilik Avanza Xenia Lawas. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah produk sejuta umat. Kami menggali penyakit umum produk ini di masyarakat, mencari solusinya sehingga bisa dijadikan pedoman ketika menghadapi persoalan serupa.

Tips Bagi Pemilik Avanza Xenia Lawas




  • Aki cepat tekor
    Edisi lawas Avanza-Xenia kerap kali kekurangan tenaga aki atau lazim disebut “tekor”  jika peranti elektronik seperti AC, wiper dan audio dinyalakan berbarengan. Gejalnya, mobil agak sulit dihidupkan kembali saat hendak di starter. Selain itu, aki juga cepat panas kala dilakukan pemeriksaan.

    “Solusinya cukup mudah, yaitu dengan menambah titik massa (kabel kutub negatif aki-red) ke yang menyantel ke body.” tutur Rudy dari Duta Accu, Pasar Minggu.
  • Tutup samping foglamp hilang
    Satu hal yang cukup mengganggu penampilan Avanza-Xenia, yaitu hilangnya tutup samping foglamp, khususnya varian Avanza G dan E. Jika diteliti lebih jauh, penyebab sering copotnya komponen seharga 50 ribu rupiah ini, karena yaitu tipis dan lembek “kuping” pengkait ke lubangnya di bumper.

    “Banyak pemilik Avanza yang mengakalinya dengan memasang tutup samping foglamp milik Xenia. Sebab, kuping pengkaitnya sedikit lebih keras.” tutur Jimmy, punggawa kios onderdil, Sekawan Motor. “Atau, bisa juga dengan mengantinya dengan milik Xenia Xi, yang tutupnya lebih tebal dan rapat, berbentuk seperti alis mata.”
  • Timbul gejala limbung
    Sudah menjadi rahasia umum, bila Avanza-Xenia cenderung limbung saat di kecepatan tinggi dan terlalu empuk di kecepatan rendah. Hal dikarenakan lingkaran pegas spiralnya lebar, membuatnya terlihat sangat bongsor bila dibanding dimensi shockabsrober dan ukruan body. Sayangnya, peranti ini tidak mampu menopang dengan baik. Walhasil, saat terisi penumpang, mobil langsung amblas.

    “Cara mengatasinya, yaitu dengan mengganti per dan shockabsorber produk aftermarket yang sedikit lebih keras,” jelas Alex Karnadi dari Ceper Baru, bengkel spesialis suspensi di bilangan haji Nawi. “Sebaliknya, hindari pemasangan strut bar dan stabiliser, karena akan membuat handling lebih rigid.”
  • Velg keluar body
    Kendala lain yang kerap dihadapi pemilik Avanza-Xenia generasi sebelum minor change yaitu roda yang keluar body saat mengganti velg dan ban yang lebih lebar. Lucunya, gejala ini hanya timbul di bagian depan saja, sedangkan bagian belakang hampir tidak ada masalah.

    “Fenomena ini terjadi karena ban yang lebih lebar mentok ke mangkok shockabsorber depan. Mengatasinya, ganti dengan shockabsorber afetermarket yang memiliki posisi mangkok agak tinggi. Dengan cara ini, Avanza Xenia bisa memakai velg berukuran lebar bahkan hingga 20 inchi.” ungkap  Wibowo Santosa dari Permaisuri Ban.
  • Ventilasi cepat 'bule'
    Berbentuk sirip-sirip halus di bawah wiper, peranti berwana hitam ini sering sekali mudah “bule” meski di gosok berulang kali dengan cairan pengkilap. Walhasil, tampilan menjadi lapuk dan noda berintik putih.

    “Gunakan semir sepatu warna hitam berwujud pasta untuk menghitamkannya kembali,” ungkap Agung dari salon mobil Luminoz, di bilangan Kebon Jeruk. “Semir sepatu memiliki  kadar pekat yang tinggi ketibang silikon pengkilap plastik.”
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Bagi Pemilik Avanza Xenia Lawas