Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Membersihkan Sendiri Busi Motor Yang Kotor


Tips yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara membersihkan busi motor dengan baik dan benar. Busi merupakan salah satu part yang sangat vital dalam sepeda motor.  peran busi adalah untk membakar bahan bakar yang telah di kompres atau telah di tekan oleh piston motor kita kemudian busi akan memercikan listrik yang akan membakar bahan bakar. Busi dihubungkan oleh kabel ke koil pengapian oleh kabel busi.

Jadi sudah bisa di pastikan jika busi kita kotor atau bermasalah akan mempengaruhi jalanya motor kita , bahkan banyak kasus motor kita tidak bisa nyala karena  busi yang kotor

Bagaimana Cara Membersihkan Busi Motor Sendiri?

1. Lepas busi dari tempatnya

Pada beberapa jenis motor, tahap ini biasanya sulit dilakukan. Perlu diingat saat melepas busi jangan sampai Anda menarik kabel, karena bisa mengakibatkan kop busi yang akan putus. Bagi pengendara motor yang baru saja melewati jalanan basah, jangan lupa tutup lubang busi dengan kain kering yang bersih. Biasanya pada setiap motor akan diberikan kunci busi yang bisa dibawa kemana saja, agar memudahkan pengguna untuk mengganti busi.
Fungsi kunci busi ini adalah untuk memudahkan kita dalam melepas busi. Jika Anda tidak punya, kunci busi bisa dapat dibeli di pasaran.

2. Rendam busi

Rendamlah busi pada wadah yang sudah diisi bensin terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel pada busi akan lebih mudah dibersihkan.

3. Gunakan sikat kawat

Sikat kawat ini sangat efektif untuk menyingkirkan dan mengangkat kotoran yang menempel pada busi. Anda juga tidak boleh lupa bahwa menggosok menggunakan sikat kawat hanya boleh di tempat yang terlihat kotor saja, karena jika tidak akan membuat permukaan busi yang tidak kotor menjadi lecet. Anda juga bisa membersihkan busi dengan menggunakan sikat gigi dan juga lap kering, tetapi waktu yang dibutuhkan akan lebih banyak dibandingkan menggunakan sikat kawat.

4. Keringkan busi

Ketika Anda merasa busi sudah cukup bersih, keringkan dengan menggunakan lap bersih dan kering, atau jika dirasa perlu Anda bisa menggunakan compressor bertekanan tinggi agar sisa-sisa kotoran kecil yang tidak kasat mata bisa tertiup.

Sebelum memasang busi pada tempatnya, lakukan pembuangan uap air yang mungkin masih tersisa di lubang besi atau mesin. Hal ini dapat dilakukan dengan cara tidak mencabut kain yang digunakan untuk menutup lubang busi, lalu coba nyalakan motor secara manual dengan kick starter dalam kondisi kunci off. Lakukan pengulangan agar sisa-sisa air bisa keluar sampai bersih.

5. Pasangkan kembali busi

Pada saat pemasangan kembali busi, jangan memasukkan busi secara paksa, karena jika memang letaknya pas busi akan terpasang dengan mudah. Jika Anda kesulitan dalam memasang kembali busi, Anda bisa mencari posisi lain yang tepat untuk memasukkan busi. Lalu langkah terakhir adalah tutup kop busi dengan benar dan pas.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membersihkan Sendiri Busi Motor Yang Kotor