Beberapa Pilihan Merek Aki Motor Tipe Basah Maupun Kering

Otomotif - Beberapa Pilihan Merek Aki Motor Tipe Basah Maupun Kering, Kali ini saya akan bahas mengenai aki motor ni, benda yang sangat penting di kendaraan bermotor. Akumulator (accu, aki) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. benda yang banyak kita jumpai pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4

Di pasaran pun banyak sekali tipe-tipe aki yang beredar. Selain itu, tipe aki tersebut juga memilki pilihan kapasitas yang berbeda-beda pula, sesuai dengan kebutuhan kendaraan anda.

Untuk perawatan jangka panjang, penggantian baterai alias aki di motor wajib diperhatikan. Jangan heran kalau tiba-tiba motor susah distarter atau seketika lampu sein tidak mau disuruh berkedip. Salah satunya indikator aki aus.

Aki ada dua macam. Tipe basah dan tipe kering. Untuk aki kering lebih praktis karena minim perawatan. “Usia pakai aki basah sebenarnya bisa lebih lama dan awet asal  dirawat rutin dan rajin cek air aki

Nah berikut ini saya akan kasih daftar pilihan Aki Tipe Basah Maupun kering, Inilah daftarnya :

Baca Juga : Tips Memilih Busi Kompetisi

Pilihan Merek Aki Motor Tipe Basah Maupun Kering

  1. GiSi



    Aki kering buatan Indonesia ini tersedia buat bebek dan matik. Yamaha Mio dan Honda Grand dibanderol Rp 120 ribu. Aki kering dengan kode 12V 5aH untuk Honda Karisma dan Suzuki Shogun 125 bisa ditebus Rp 150 ribu.
  2. Yuasa

    Aki Yuasa tersedia tipe kering dan basah. Aki kering untuk motor bebek dan matik dilego Rp 137 ribu. Aki kering untuk Honda Tiger dan Yamaha Scorpio dibanderol Rp 215 ribu. Sedangkan aki basah untuk motor sport Rp 114 ribu.
  3. Toyo


    Aki merek Toyo memang masih kurang begitu populer. Untuk bebek harga jualnya di kisaran Rp 95-100 ribu. Sementara untuk motor sport dipasangin banderol Rp 185 ribu. Untuk Kawasaki Ninja 250R sedikit beda, harga jualaya dipatok di angka Rp 230 ribu.
  4. FB Super MF

    Bagi pengguna Kawasaki yang memiliki kapasitas silinder 250 ke atas, bila kinerja aki sudah mulai menurun, siapkan uang Rp 1,2 juta untuk nebus accu FB Super MF 12V-8 ampere. Aki ini merupakan baterai orisinal kompone Kawasaki.
  5. GS Astra



    Produk GS Astra cukup komplet. Untuk motor sport Honda Tiger atau Yamaha Scorpio dibanderol Rp 215 ribu. Suzuki Thunder 125 dan 250 dipatok Rp 180 ribu. Suzuki Satria 150 dan Honda CBR 150 Rp 214 ribu. Aki untuk bebek dan matik di kisaran Rp 114-161 ribu.
  6. Nagoya

    Aki basah dengan merek Premium Nagoya ini memiliki spesifikasi 12V-7 ampere. Tersedia untuk Yamaha Mio dan Honda Grand. Soal harga, cukup siapkan dana di kisaran Rp 100 ribu. Produk ini merupakan buatan Indonesia. Dan diklaim bisa tahan 1-2 tahun masa pakai.
  7. Indobattery

    Selain membuat part pendukung motor, Indoparts juga menyediakan kotak penyimpan arus dengan ngaran Indobattery. Spesifikasi yang dimiliki aki kering ini adalah 12V-3.5 ampere. Siapkan dana Rp 127.500 untuk bisa langsung bawa pulang aki yang tersedia untuk bebek dan matik ini.
  8. Motobatt

    Aki Motobatt MTZ5S dengan teknologi aki kering yang menggunakan bahan kimia dengan bentuk gel menghasilkan suplai listrik yang konstan dan tinggi serta bahan elektolit gel yang mampu menahan getaran baik digunakan pada medan on / off road. Pemakaian normal bisa mencapai 2 tahun bahkan lebih, Bandingkan dengan aki sejenis yang hanya bertahan 1 tahun bahkan kurang, harganya sekitar 200.000
Demikianlah Beberapa Pilihan Merek Aki Motor Tipe Basah Maupun Kering, cocok untuk berbagai motor apapun, semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita ya sob, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan artikel selanjutnya
Advertisement

Artikel Pilihan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Beberapa Pilihan Merek Aki Motor Tipe Basah Maupun Kering

Contact Form

Name

Email *

Message *