LucianaPombo - Tips Seputar Otomotif Dan Elektronik

Tips Seputar Otomotif | Daftar Harga | Harga Sepeda Motor | Spesifikasi Kendaraan | Berita Terbaru

Tips Memilih Busi Kompetisi

Tips Otomotif - Tips Memilih Busi Kompetisi. Busi tersedia dalam beberapa tipe untuk beragam kebutuhan. Busi standar tentu tidak cocok digunakan untuk keperluan balap, begitu juga sebaliknya. Sama seperti busi standar, khusus untuk busi racing perlu kecermatan dalam memilih, apalagi jika digunakan untuk balapan resmi.


Kalau kita ngomongi tentang sepeda motor tentunya tidak luput dari sistem yang satu ini, yaitu sistem pengapian pasalnya sistem pengapian ini merupakan sistem utama dalam menunjang performa sepeda motor. Oleh sebab itu kami menyaranka kepasa anda jangan menggunakan busi sembarangan, karena busi ini berpengaruh sangat penting dalam sistem pengapian. Ada tips dan trick untuk memilih busi yang tepat, kenapa harusa demikian karenan busi ini komponen yang paling penitng dalam suatu sistem pengapian. Bagus tidaknya performa sepeda motor ini tergantung sistem pengapian dalam melakukakan proses pembakatan dalam ruang bakar. Bagus tidaknya dalam proses pembakaran di tentukan oleh beasr kecilnya atau bagus tidaknya percikan bunga api yang dipercika n oleh busi.

Pastinya semua orang ingin memilih busi yang bagus begitu pun anda, anda pasti ingin menggunakan busi yang bagus untuk sepeda motor anda. Sebaiknya anda harus terlebih dahulu tentang mengenai busi, pada dasarnya busi dibagi menjadai dua jenis yaitu busi dingin dan busi panas. Bagi anda yang belum tau tentang busi anda adalah tergolong orang yang sangat beruntung, karena kami akan memeberi tau kepada anda tentang busi. Alangkah baiknya kita terlebih dahulu tentang busi dingin dan busi panas. Kali ini NGK Busi Indonesia memberikan beberapa tips memilih busi yang cocok untuk kebutuhan balap, yaitu:

Baca Juga : Beberapa Pilihan Merek Aki Motor Tipe Basah Maupun Kering

Tips Memilih Busi Kompetisi



  • Bentuk metal sheel (kepala busi)
    Bentuk kepala busi harus disesuaikan dengan blok mesin dan langkah piston. Jika salah memilih akan berakibat fatal, piston akan menabrak busi dan menyebabkan kerusakan pada ruang bakar.
  • Bentuk elektroda dan kepala busi.
    Busi yang baik adalah busi yang mampu menahan efek quenching dengan cepat agar inti api tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu bentuk elektroda dan kepala busi berperan dalam hal tersebut.
  • Tingkat panas
    Dalam proses transfer panas yang diterima busi kemudian disalurkan ke blok mesin dapat kita tentukan dengan memilih angka yang tertera pada busi itu sendiri. Apakah itu busi panas atau busi dingin.
  • Resistor
    Pemakaian teknologi dalam mengatur sistem pengapian menjadikan busi dengan tipe resistor wajib digunakan untuk menghindari adanya gangguan pulse elektrik yang dapat menyebabkan mesin bermasalah.
  • Faktor kapasitas silinder
    Untuk kapasitas silinder bisanya kita mengetahui kapasitas silinder sepeda motor dengan menggunakan CC, jika memang kapasitas silinder speda motor anda lebih dari 180cc maka kami menyarankan untuk anda menggunakan busi type dingin karena busi ini lebih cocok, sebab jika anda memakian busi dengan tingakat panas maka yang dihawatirkan akan terjadi gejala pre-ignition dan dekaligus bisa terjadi over heating. Namun apabila sepeda motor anda memiliki kapasita mesin dibawah 180cc alangkah baiknya anda menggunakan type panas.
  • Faktor lingkungan
    Nah siapa bilang lingkungan ini tidak berpengaruh dengan cara memilih busi, Jika memang anda bertempat tinggal di taran tinggi atau tinggal dalam keadaan suhu rendah bisanya hal ini bertempat dipegunungan, disarankan untuk anda memilih busi bertype panas. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beretumpukny acarbon di dalam ruang bakar, karena apabila anda menggunakan busi bertype dingin yang dihawatirkan akan terjadi penumpukan karbon di dalam ruang bakar atau carbon fouling.
  • Faktor perbandingan kompresi
    Perbandingn kompresi ini juga berpengaruh terhadap pemilihan busi , Jika sepeda motor anda memiliki perbandingan kompresi dibaawah 10.5 disarankan untuk anda menggunakan type busi panas. Apabila sepeda motor anda perbandingan kompresinya lebih dari 10.5 disarankan untuk anda menggunakan type busi dingin. Hal ini sering atau pernah kita temi di bengkel modifikasi atau di ajang balapan sepeda motor yang pastinya mesin tersebut suda di modifikas. Nah biasanya dalam melakukan modifikasi mesin suadah pasti dinaikan kompresinya, serta menggunakan busi bertype dingin.

Demikian yang saya sampaikan semoga anda tidak salah lagi dalam memilih busi sehingga sepeda motorpun enak di kendarai. Somoga apa yang sampaikan didalam artikel ini memberi wawasan kepada anda tentang cara memilih busi dan bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Busi Kompetisi