LucianaPombo - Tips Seputar Otomotif Dan Elektronik

Tips Seputar Otomotif | Daftar Harga | Harga Sepeda Motor | Spesifikasi Kendaraan | Berita Terbaru

Begini Cara Modifikasi Honda Tiger Menjadi CB Dream, Simple Dan Mudah

Cara Modifikasi Honda Tiger Menjadi CB Dream - Meski setiap pabrikan sepeda motor terus meluncurkan kendaraan terbarunya dengan teknologi termutahir, motor klasik tetap masih menjadi idaman banyak orang. Dan dari beberapa motor klasik, Honda CB nampaknya menjadi motor yang paling favorit. Bahkan kini hampir setiap kota terutama di jawa memiliki komunitas honda CB. Namun sebenarnya keberedaan Honda CB Original atau asli sudah jarang ditemukan. Kebanyakan honda CB yang beredar saat ini adalah sepeda motor lain (bukan CB) yang dimodif tampilanya dimodifikasi menjadi Honda CB. Ataupun kalau ada Honda CB ori, komponen terutama pada engine sudah diganti dengan yang baru. Dari beberapa motor, Honda Tiger adalah yang paling banyak digunakan untuk dimodif jadi CB. Hal ini lantaran motor ini memiliki engine yang sudah cukup mumpuni dan tidak banyak ubahan untuk dimodif jadi CB.


Honda CB sendiri memiliki banyak jenis seperti CB Glatik, CB Twin dan tentunya CB Dream. Honda CB Dream memiliki ciri khas pada tangkinya yang cukup besar. Hal ini dikarenakan CB dream adalah seri yang paling besar CC nya yakni 305 CC. Motor ini kali pertama keluar pada tahun 1969 dengan mesin seri C dual silinder sejajar. Nah jika kamu ingin memodifikasi Honda Tiger Menjadi CB Dream tentunya hanya merubah tampilanya saja. Untuk mesinya cukup sulit untuk membuat seperti aslinya. dan berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk merubah si macan jadi Honda CB Dream.

Cara Modifikasi Honda Tiger Menjadi CB Dream

1. Rangka

Rangka Honda Tiger memiliki bentuk yang berbeda dengan Honda CB. Perbedaan tersebut terletak pada bagian belakang. Pada Honda Tiger rangka cukup panjang dan posisinya agak naik, sementara Honda CB memiliki rangka yang lebih pendek dan rata. Oleh karena itu beberapa modifikator lebih memilikh rangka GL 100. Modifikasi cukup membesarkan lubang baut engine holder serta memindah nomor rangka. Namun jika tetap ingin menggunakan rangka tiger, kamu harus memotong rangka bagian belakang. Setelah itu disambung dengan pipa besi sehingga rangka menjadi rata.

2. Body Set

Sementara itu untuk membuat tampilanya menjadi CB, bisa membeli body set CB Dream mulai dari tangki, jok, tutup samping serta sparbor depan dan belakang. Tinggal lepas body set aslinya lalu pasang body set CB dream tersebut. Beberapa part mungkin tidak bisa langsung PNP jadi perlu beberapa penyesuaian. Untuk itu dalam memodifiasi honda tiger jadi CB dream ini baiknya dilakukan di tukang las atau bengkel modifikasi.

3. Lampu lampu

Untuk menyempurnakan tampilan Honda CB Dream, lampu honda tiger silahkan dilepas semuamnya. Belilah lampu aftermarket mulai dari lampu kepala, stop lamp dan lampu sein. Beberapa part lainya juga perlu disesuaikan seperti spion dan spedometer.

Demikianlah cara modifikasi honda tiger menjadi CB Dream. Tertarik untuk mencobanya? Untuk sektor engine sebenarnya sudah cukup dengan bawaan tiger. Namun jika ingin diupgrade bisa saja dilakukan. Sebaiknya konsultasikan dengan bengkel yang sudah berpengalaman untuk merubahnya. Selain honda tiger kamu juga bisa modifikasi honda gl max jadi cb glatik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Cara Modifikasi Honda Tiger Menjadi CB Dream, Simple Dan Mudah