Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil

Bagaimana cara Merawat Velg Mobil yang benar? untuk pengguna mobil, ada kalanya perlu membersihkan velg atau palek mobil. Selain terlihat kinclong, merawat dan membersihkan velg mobil dapat membantu memperpanjang usia velg. Selain itu dengan membersihkan kita sekaligus melakukan pengecekan apakah ada bekeas benturan, atau ada ketidaknormalan lain yang diketahui oleh pengguna mobilnya.

Membersihkan velg mobil memang perlu, terlebih lagi bagi velg yang chrome (Krom) karena jenis velg ini jika lama tidak dibersihkan akan rawan mengelupas atau bahkan hingga berkarat. Tetapi kadang kita bingung bila mau membersihkan. Utamanya pelek polished, yang bagian mengilapnya cukup banyak. Pengaruh oksidasi sangat besar sehingga membuat tampilannya menjadi kusam. Bahkan tampang yang tadinya chrome bisa menjadi seperti berwarna silver.

Berbagai faktor bisa menyebabkan velg mobil menjadi kusam dan tidak menarik lagi seperti yang diinginkan. Kondisi hujan panas silih berganti kerap meninggalkan jejak berupa kotoran menempel yang susah dihilangkan. Bekas terkena hujan, atau sisa air mencuci mobil yang dilap tidak sempurna, jadi biang jamur dan kerak membandel. Lalu bagaimana cara membersihkan velg yang benar? berikut coba kita paparkan mengenai cara merawat velg yang benar :

Cara Membersihkan Velg Mobil


Cara Membersihkan Velg Mobil


Berikut cara membersihkan Velg atau Palek Mobil:
  • Bila mobil baru habis jalan, jangan langsung disiram air. Karena, velg yang masih hangat mudah menimbulkan jamur saat terkena air. Tunggu sampai suhu normal.
  • Pastikan bagian dalam sepatbor sudah bersih. Kalau belum, kotoran yang terciprat ari akan menempel.
  • Cuci menggunakan sampo atau cairan khusus velg. Khusus yang sudah dilapisi krom, pakai cairan pembersih khusus velg krom. Jika tidak, krom akan pudar atau mengelupas.
  • Agar pembersihan mendapat hasil yang maksimal, ketika mencuci, untuk menjangkau bagian yang sulit pergunakan kuas atau sikat gigi.
  • Setelah itu gunakan spons untuk menyerap campuran sabun yang ada didalam ember kemudian gosokan pada velg Anda, lakukan secara mendetail mulai dari sisi yang terlihat sampai yang tidak terlihat.
  • Jika sudah bersih, keringkan dengan lap bahan shammy atau chamois.
  • Jika masih ada kotoran, seperti aspal, hilangkan dengan besin atau minyak tanah. 
  • Setelah itu, baru poles pakai white compound, jenis yang paling soft dan enggak bakal merusak finishing velg
  • Sentuhan akhir, poles lagi dengan wax. Jenis wax beragam tergantung jenis bahan velg (finishing cat, krom, dan aluminium).  
  • Bila ingin maksimal, siapkan waktu khusus, tak perlu terlalu sering, cukup minimal tiga bulan sekali untuk melepas pelek agar lebih teliti hingga bagian dalam ban.
Setelah Velg kita bersih, juga perlu dijaga berkendara, Saat melewati jalan berlubang, perlu mengantisipasi dengan mengurangi kecepatan saat akan melindas jalan yang berlubang tersebut. Demikian mengenai langkah membersihkan velg mobil agar tetap kinclong. Semoga tips merawat pelek mobil ini bermanfaat bagi anda. Salam Otomotif

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Tepat Membersihkan dan Merawat Velg Mobil