Cara Aman Pasang Audio Pada Mobil

Tips otomotif - Sebuah kelistrikan pada kendaraan roda empat sudah di perhitungkan sejak dikembangkan. Namun ada saja pemilik sebuah mobil yang menambah berbagai macam aksesoris elektronik sehingga menamba beban kerja sebuah aki sebagai sumber daya listrik kendaraan. Salah satu aksesoris yang sering ditambahkan oleh seorang pemilik mobil adalah Audio.
Apabila kita memasang perangkat Audio secara berlebihan, maka bukan hanya aki saja yang akan bekerja keras tetapi juga altenator atau dinamo ampere.

TIPS AMAN PASANG AUDIO PADA MOBIL

"Mobil itu padahal sudah di setting elektiknya AC berapa watt, lampu sekian watt, dan sebagainya. Maka jika suatu mobil di tambah audio, seumpama arus daya listrik akinya 50 ampere, sedangkan Audio sudah 45 ampere dari kesimpulan tersebut berarti pemakaian aki tekor" ujar Sugihandi, trainer Nissan College Pt Nissan Motor Indonesia (NMI). Ia mencontohkan satu kendaraan di isi dengan dua power, ditambah dengan subwoofer, maka altenator yang tadinya bekerja 15 menit supaya daya aki penuh kini berubah menjadi 30 menit karena sudah di pasangkan Audio.

Jadi kesimpulannya setiap kali altenator mengisi aki yang banyak mengangkat beban itu bisa menggerogoti mesin secara tidak langsung. Efeknya timbulah listrik tersedot, dan usia memakai altenator akan lebih cepat, bahan bakarpun akan menjadi boros, dan pemakaian aki pun akan cepat tekor.


Cara mengakali supaya kinerja aki dan altenator menjadi normal, disarankan kepada pemilik kendaraan bermobil untuk mengganti altenator yang sesuai dengan beban sebuah listrik tersebut.
Dan yang paling aman altenator harus diganti menjadi yang lebih besar, kedua itu bisa diakali dengan menggunakan kapasitor bank, tetapi tidak banyak membantu. Jikalau pecinta Audio altenatornya bisa mencapai 200 ampere.

Sekilas artikel yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,, "Salam Otomotif"

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Aman Pasang Audio Pada Mobil

Contact Form

Name

Email *

Message *