Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Cara Mudah Ganti Ban Sepeda Motor

Tips Otomotif |Cara Melepas dan Memasang Ban Motor Yang Benar - Dan pada umumnya, kalau kita mengganti ban motor keseringan kita menyerahkan ini kepada mekanik di bengkel yang biasa kita datangi. Dan apakah kalian pernah bertanya, bagaimana kalau melepas dan memasang ban motor dilakukan sendiri karena suatu hal kalian tidak menemukan bengkel atau lokasi bengkelnya jauh.

Dan bagi yang pertama melakukan hal ini tentunya melepas dan memasang ban motor terasa cukup sulit, ya namanya juga masih amatiran. Tentunya berbeda kalau sudah sering melakukan hal ini.


Cara Melepas dan Memasang Ban Motor Yang Benar


Ban sepeda motor yang paling luar biasanya yang sudah gundul alias sudah halus maka dapat membuat khawatir si pengendara karena ketika berkendara ini bisa membahayakan karena bisa licin sekali. Maka dari itu ban yang sudah gundul atau batik bannya sudah hilang maka simaklah uraian berikut ini agar tetap menjaga keselamatan:


  1. Sepeda motor distandarkan terlebih dahulu ( standart 2 kaki ) di tempat yang rata atau permukaan lantai tidak miring dan licin.
  2. Kendorkan dan lepaskan poros roda yang akan diganti bannya. (disini kita membahas roda depan)
  3. Kempeskan roda
  4. Tekan-tekan sisi ban secara merata.
  5. Congkel salah satu sisi ban luar menggunakan 3 pencongkel sekaligus di 3 bagian yang berdekatan (arah congkelan keluar velg).
  6. Kendorkan baut pengikat pentil dan keluarkan ban dalam.
  7. Keluarkan sisi ban luar yang belum terlepas, menggunakan alat congkelan tadi sampai terlepas.
  8. pasangkan ban luar yang baru dengan cara memasukkan sebelah sisi terlebih dahulu.
  9. Pasangkan ban dalam yang baru dengan cara tepatkan pentil ke lubang pentil yang ada di velg terlebih dahulu, lalu pasangkan mur dan kencangkan.
  10. Congkel sisi ban luar yang belum dipasang kearah dalam velg sampai semuanya terpasang ke alur velg seperti semula dan usahakan jangan mencongkel ban dalam, dikarenakan jika trercongkel, bisa kemungkinan bocor.
  11. Tekan-tekan ban secara merata.
  12. isikan angin ke ban
  13. Pasangkan roda dan tepatkan ke lubang garpu lalu pasangkan poros roda lalu kencangkan
Praktek diatas menggunaka motor Suprafit

Demikian  Cara Mudah Mengganti Ban Sepeda Motor semoga menjadi manfaat dan terima kasih.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Ganti Ban Sepeda Motor