Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Penyebab Utama Rem Mobil Blong

Tips Otomotif - Rem adalah suatu sistem yang ada pada mobil dan motor yang berperan sangatlah penting, mengingat kegunaannya yang sangat penting ini, maka rem perlu kita lakukan perawatan berkala. dan jika tanpa adanya perawatan maka akan membuat rem kita cepat rusak, salah satu akibat apabila rem kita jarang dirawat maka bisa terjadi blong. Blong adalah suatu kondisi yang mana Rem mobil atau motor kita tidak berguna sama sekali.
Rem blong ini sudah menjadi salah satu penyebab kecelakaan terbesar di Indonesia. Rem blong biasa terjadi pada mobil, truk, atau bus. Sedangkan pada sepeda motor blong jarang sekali terjadi. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari rem mobil Blong? Yaitu dengan mengetahui bagaimana cara mengerti penyebab-penyebabnya, kemudian kita berusaha mengantisipasinya agar penyebab rem mobil blong tidak akan terjadi. Berikut penjelasannya tentang beberapa penyebab rem mobil blong:

PENYEBAB UTAMA REM MOBIL BLONG


  • Minyak Rem Habis
    Penyebab utama rem mobil blong yang pertama ialah minyak rem atau oli rem yang pengisiannya kurang atau bahkan habis. Dengan pengisian minyak rem yang kurang otomatis akan membuat rem tidak bisa bekerja dengan maksimal, karena proses penerusan tenaga yang dilakukan oleh minyak rem ini. Dan bila minyak rem habis maka rem akan menjadi blong karena minyak rem ini tidak mampu meneruskan tekanan dari pedal. Kalau kurangnya masih sedikit sepertinya sih tidak ada masalah asalkan kapasitasnya masih mencukupi untuk meneruskan tekanan sampai ke piston pada wheel cylinder "Pada rem tromol" atau pada caliper "jenis cakram" untuk menekan sebuah kampas.
    Jika minyak rem berkurang dalam waktu yang singkat, bisa juga disebabkan oleh kebocoran sistem, dan ini juga harus segera diperbaiki biar lebih aman dan anda pun merasa nyaman mengendarai mobil.
    Untuk mencegah rem mobil blong anda harus mengecek secara berkala kapasitas minyak rem, bisa satu bulan atau dua minggu sekali. Jika kurang bisa anda tambah sampai di garis penuh, bila tidak punya minyak rem bisa anda membelinya di toko sparepart atau bengkel mobil terdekat.
  • Kanvas Rem Aus
    Kanvas rem yang sekiranya sudah aus bisa membuat rem anda kurang pakem, dan apabila ausnya sudah terlalu parah bisa menyebabkan rem mobil menjadi blong.Kanvas rem sudah biasa kalau aus, yang tidaklah biasa adalah membiarkannya dipakai terus menerus padahal kanvas sudah aus yang akan menimbulkan bunyi,
  • Piston Rem Rusak
    Piston rem yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya rem mobil blong. Piston yang sudah aus membuat rem tidak mampu melanjutkan tekanan hidraulik dari pedal untuk menekan sebuah kanvas sehingga tidak terjadi suatu pengereman. Piston rem yang sudah rusak  akan berkarat sehingga menjadi macet dan tidak berfungsi.
  • Selang Minyak Rem Kotor Dan Tersumbat
    Salah satu penyebab yang selanjutnya ini adalah tersumbatnya sebuah aliran pada selang-selang sistem rem. Dan apabila ini terjadi maka akan membuat kinerja rem pada mobil menjadi terhambat. Jika minyak rem tersumbat sampai tidak bisa mengalir maka rem benar-benar tidak akan ada fungsinya atau disebut blong. Tersumbatnya suatu aliran ini biasa disebabkan oleh terlalu banyaknya kotoran yang terkandung pada minyak rem, kemudian minyak rem terlalu kotor bisa disebabkan oleh masuknya kotoran melalui sebuah tangki cadangan. Minyak rem yang tidak berkualitas maka akan menghasilkan endapan, endapan ini dapat dihasilkan oleh zat pewarna yang ada pada minyak rem tersebut. Saya sarankan anda untuk membeli minyak rem yang bening "tidak berwarna" tetapi harganya sedikit lebih mahal.
  • Seal Piston Master Silinder Yang Sobek
    Penyebab rem mobil blong yang selanjutnya adalah sebuah sel piston master silinder yang sobek, Kerusakan ini biasanya terjadi dikarenakan faktor usia dan kualitas minyak rem tersebut kurang bagus. Jika kualitas minyak semakin buruk maka seal ini akan semakin cepat rusak. Maka dari itu selalu menjaga kualitas dari minyak rem tersebut, sehingga komponen suatu rem akan lebih awet dan terjaga.
  • Vapour Lock
    Jika kita selalu meneliti apa yang biasanya terjadi pada rem blong, maka yang satu ini biasa akan kita temukan, yaitu Vapour Lock. Proses kinerja vapour lock ini adalah menguapnya suatu minyak rem yang biasa disebabkan oleh pengaruh suhu terlalu panas, sehingga menyebabkan minyak rem akan mendidih dan timbulnya gelembung-gelembung udara atau uap di dalam sistem rem tersebut.
    Yang mana membuat rem berkurang tenaganya atau tidak pakem lagi, Ada beberapa penyebab vapour lock ini, seperti suhu yang terlalu panas akibat seringnya pengereman, dan biasanya juga terjadi karena kualitas minyak yang buruk.
    Pencegahan yang paling baik adalah dengan selalu rutin di menyervis rem mobil anda, yang terutama pemeriksaan kanvas secara berkala, minyak rem, penggantian kanvas rem, dan komponen-komponen lainnya. Saya harapkan selalu waspada agar rem mobil blong ini tidak terjadi. apabila rem blong terjadi hal yang kita langkah darurat saat hadapi rem blong.

Demikian Penyebab Utama Rem Mobil Blong yang bisa saya babarkan kepada anda kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan kata, Dari saya Salam Otomotif
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Utama Rem Mobil Blong