Rawat Kaca Helm Agar Tidak Buram

Tips Otomotif - Menjaga kaca helm tetap bersih menjadi bagian penting dalam hal keselamatan berkendara. Bukan tanpa alasan, kaca helm yang kotor tentu akan menggangu visibilitas pengendara, terutama malam hari.

Masalahnya, tidak semua orang tahu cara yang benar membersihkan kaca helm. Perlakuan tidak baik ketika merawat, atau memakai bahan kimia keras untuk membersihkan mika kaca justru akan membuat kaca helm cepat rusak.

PT Tarakusuma Indah selagi produsen Helm INK, KYT, dan MDS, memberi tips bagaimana cara membersihkan kaca helm yang baik. PT.  Tarakusuma Indah sudah memiliki pengalaman selama 29 tahun dalam memproduksi helm bagi penguna sepeda motor di Tanah Air dan melahirkan merek-merek helm berkualitas seperti INK, KYT dan MDS untuk kelas menengah-atas serta BMC dan HIU untuk berkonsentrasi lebih dikelas menengah-bawah. Memberikan tips sebagai berikut :

“Cara membersihkan kaca helm perlu perlakuan khusus agar tidak merusak mika kaca. Karena jika mika rusak atau rucek maka kaca akan menjadi lebih buram,”

Langkah ini berlaku untuk semua helm. Caranya pun tidak susah, hanya perlu luangkan waktu sedikit. Intinya hanya jangan malas. Lebih baik luangkan waktu membersihkan yang benar daripada ganti kaca helm asli yang berbahan polikarbonat.

Baca Juga : Aki Kering VS Aki Basah Pilih Mana?

Tips Merawat Kaca Helm




Bahan Rawat Kaca Helm :

  • Kain halus 2 buah (usahakan tidak camois)
  • Hand sanitizer / pembersih monitor komputer/pembersih kaca mata
  • Air hangat

Cara Bersihkan Kaca Helm :

  • Copotlah kaca helm, dan bilaslah kaca helm untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Langkah ini untuk meminimalisir lecet. Sebabnya jika langsung di lap takutnya malah menimbulkan baret.
  • Basahi kain lembut dengan hand sanitizer yang bahan dasarnya dari alkohol. Kemudian ratakan cairan tersebut pada seluruh permukaan kaca.
  • Biarkan sejenak lalu lap lah dengan kain halus yang kering.
  • Lakukan perlakuan pada bagian dalam dan juga kacanya.
  • Jika untuk di pakai harian, cukup bersihkan kaca helm cukup menggunakan tisu basah sebelum berangkat bepergian.


Cara Menyimpan Helm :

  • Simpan helm sesudah dipakai ditempat yang aman dan tidak mudah terjatuh.
  • Selalu disimpan dalam keadaan tertutup dengan plastik atau pembungkus lainnya agar tidak terkena kotoran terutama debu yang bila sudah mengendap lama agak sulit dibersihkan dan membuat warna menjadi buram.
  • Untuk menghindari tindakan pencurian sebaiknya anda tambahkan alat pengaman seperti kunci rantai saat meninggalkan helm ditempat parkir atau dititipkan kepada petugas parkir.

Berikut tips merawat kaca helm agar tidak lecet, semoga dapat menjadi manfaat dan salam otomotif.
Advertisement

Artikel Pilihan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rawat Kaca Helm Agar Tidak Buram

Contact Form

Name

Email *

Message *