LucianaPombo - Tips Seputar Otomotif Dan Elektronik

Tips Seputar Otomotif | Daftar Harga | Harga Sepeda Motor | Spesifikasi Kendaraan | Berita Terbaru

Langkah Darurat Hadapi Rem Blong

Tips Otomotif - Kasus rem blong atau kegagalan fungsi rem bisa terjadi kapan saja pada pengemudi kendaraan roda empat ataupun roda dua, Bagi pengemudi jika salah mengantisipasi sebuah kondisi darurat ini akhirnya bisa membahayakan keselamatan diri kita sendiri maupun orang lain yang ada di sekitarnya.
Guna mengatasi situasi saat rem tiba-tiba blong, Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia atau yang biasa di kenal NTMC Polri memberikan sebuah tips yang harus dilakukan oleh seorang pengemudi. Berikut langkah-langkanya:


LANGKAH DARURAT HADAPI REM BLONG

  • Langkah pertama saat rem menjadi tidak berfungsi atau blong adalah menurunkan gigi kendaraan secepat mungkin, dan turunkan gigi kendaraan bertahap dari posisi tinggi ke rendah. Jangan lupa juga untuk menurunkan kecepatan dengan menggunakan rem parkir setelah menurunkan transmisi gigi saat kecepatan rendah rem parkir dapat menghentikan laju kendaraan hingga benar-benar berhenti, selain itu jika kendaraan berada pada jalur cepat, arahkan perlahan ke jalur lambat atau bahu jalan. Ini dilakukan untuk mencari tempat berhenti yang benar-benar aman dari pengguna jalan lain yang berkecepatan tinggi. Manfaatkan kaca spion untuk berpindah jalur dan lakukanlah dengan santai tidak perlu panik, saat rem tidak berfungsi segera jauhkan kaki dari pedal gas yang tujuannya agar mobil tidak ber akselerasi dan menurunkan kecepatan.
  • Langkah kedua, Dalam kondosi serba darurat tersebut, cek lah apakah ada benda yang mengganjal atau menghalangi rem.
  • Langkah Ketiga. Injak dan kocok pedal rem berkali-kali. Tujuannya ini dilakukan untuk perangkat pengereman tanpa fitur ABS. Coba injak pedal rem berkali-kali karena kemungkinan rem blong hanyalah sementara.

Saat darurat tanpa rem, berilah tanda pada pengendara lain bahwa kendaraan anda sedang dalam keadaan darurat. Pergunakan lampu hazard atau beri tanda dengan melambai-lambaikan seutas kain dari cendela dan bunyi klakson juga di pergunakan.
Saat rem blong, usahakan untuk tetap selalu tenang. Percaya pada diri anda sendiri bahwa anda bisa melakukan langkah-langkah di atas satu persatu. Jangan panik karena akan berakibat fatal. Setelah kendaraan benar-benar berhenti, segeralah meminta bantuan orang lain atau bengkel terdekat.

Berikut penjelasan langkah yang harus di lakukan pada saat keadaan rem blong, bila ada kekurangan pengungkapan atau kesalahan kata mohon dimaklumi, salam otomotif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Langkah Darurat Hadapi Rem Blong