Tips Bengkel Motor | Tips Bengkel Mobil | Harga Ban | Harga Motor Bekas

Gejala Pertama Kerusakan Pada Rem Mobil

Gejala Kerusakan Rem Mobil - Kenali gejala pertama kerusakan pada rem mobil anda. Piranti ini sangatlah penting sekali, ibarat kata pepatah sedia payung sebelum hujan, jangan sampai menyesal kemudian. Ada beberapa gejala yang bisa dijadikan pengertian menurunnya kemampuan rem. Coba perhatikan sambil mengemudi. Berikut gejala pertama kerusakan pada rem:

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Rem ABS (Anti Braking System)

Ciri - Ciri Kerusakan Pada Rem Mobil




  • Getar
    Pada saat diinjak terasa getaran pada pedal rem dan makin parah ketika ditekan pada kecepatan tinggi. Hati-hati!  Hal ini disebabkan oleh permukaan disc brake atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi. Cara mengatasinya  adalah dengan mencoba bubut cakram atau tromol. Biasanya pembubutan dilakukan mulai dari ketebalan 0.5-1.5mm yang dianggap aman. Biaya bubutnya pun bervariasi antara Rp 100-300 ribu. Akan tetapi kalau kondisinya memang sudah parah atau goresan pada permukaannya sudah terlalu dalam, lebih baik mengganti komponennya. Lebih baik kita mengeluarkan uang ratusan ribu dari pada nyawa kita terancam akibat rem tidak berfungsi.
  • Rem Kurang Pakem
    Gejalanya biasanya ketika mobil anda direm masih membutuhkan waktu berapa meter untuk berhenti. Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah tipis dan lapisan asbesnya sudah mengurang (Atasi dengan menggantikan kampas rem dengan yang baru segera supaya piringan atau tromol tidak terkikis) atau piston rem yang sudah macet (selidiki setiap roda dan bagian mana saja yang sudah apkir)
  • Terasa Terganjal
    Yang dimaksud adalah injakan sangatlah terasa berat atau keras dan kadang mengeluarkan bunyi mendesis. Pada umumnya mobil sekarang sudah menggunakan booster untuk memperingan injakan pedal. Kalau berat berarti permasalahan ada di bagian Booster. Umumnya karena karet membran booster sudah rusak.
  • Rem Dikocok/Dipompa
    Kemungkinan ada yang bocor pada perangkat rem sehingga minyak rem berkurang dan kemasukan angin. Coba cek kebocoran mulai dari master atas, slang sampai master bawah atau kaliper rem. Rembesannya pasti kelihatan. Saya sarankan anda untuk  cepat perbaiki melalui langkah bleeding untuk mengeluarkan angin palsu.
  • Lari Kiri Atau Kanan
    Hal ini disebabkan karena piston rem salah satu roda macet. Bukan karena salah menyetel rem. Mirip seperti Nomor 2 tetapi hanya terjadi pada salah satu sisi. Misalnya Piston rem depan kiri macet. Saat pedal diinjak maka rem kanan yang lebih kuat mencengkeram. Otomatis mobil akan membuang ke kanan.
  • Rem Dalam
    Hal ini disebabkan karena kampas rem sudah tipis. Kemungkinan juga terjadi seperti gejala nomor 3. Wajar saja karena gap atau antara kampas dan permukaan piringan atau teromol bertambah, pasti perlu jarak lebih untuk menginjak pedal rem. Lalu kalau anda sudah mengganti kampas dan masih terasa dalam juga gimana? kalau itu hanya tinggal anda menyetelnya saja yang harus di lakukan apakah mungkin ketinggian.
  • Rem Blong/Loss
    Coba anda Cek juga kebocoran pada Minyak rem jika habis berarti rem anda cacat. Kadang juga tidak ada kebocoran, kalau begitu master atas sudah menggentong. Maksudnya, meski karet dan piston masih bagus, silinder sudah termakan sehingga membentuk celah buat minyak rem untuk menerobos keluar. Segera ganti master silindernya, masalh pasti teratasi.

Sekian pembahasan mengenai Gejala Awal Kerusakan Rem Mobil yang bisa saya jelaskan kepada anda semoga bermanfaat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gejala Pertama Kerusakan Pada Rem Mobil